Thursday, August 11, 2022

Ini Dia Rekomendasi Ban untuk Offroad dari Otoklix

 

Bengkel Ganti Ban

Bagi Anda yang memiliki hobi olahraga otomotif Offroad, pasti sering memodifikasi mobil jeep kesayangan dengan menggunakan ban untuk offroad. Ban mobil offroad bisa dijadikan pilihan bagi pemilik mobil SUV atau jeep untuk mengubah atau memodifikasi kondisi standar mobil tersebut.


Mengganti ban standar dengan ban untuk offroad akan membuat penampilan mobil tidak membosankan. Selain itu, tunggangan akan lebih maksimal saat mobil digunakan untuk bermain offroad di jalur bebatuan.


Untuk mendukung hobi olahraga otomotif Anda, yuk kenali jenis ban untuk offroad supaya mobil jeep atau SUV Anda lebih gagah dan memiliki cengkraman kuat. Ingin mendapatkan tips otomotif lainnya selain ban untuk offroad, kunjungi saja di website resmi Otoklix yakni www.Otoklix.com.


Jenis ban untuk offroad

Umumnya, ban untuk offroad ada dua jenis atau tipe yaitu AT (All Terrain) dan MT (Mud Terrain). AT bisa digunakan di aspal maupun medan terjal offroad sedangkan MT khusus untuk medan ekstrim offroad yang terjal dan berlumpur.


Ban offroad AT

Jenis ban offroad AT memiliki kontur tapak ban kasar tapi tak sekasar ban jenis MT. kelebihan dari ban jenis AT yaitu masih bisa digunakkan di jalanan beraspal, walaupun agak sedikit tidak nyaman karena berisik dan keras. Kelemahan ban offroad AT terletak pada kemampuannya yang terbatas saat melintasi lintasan offroad. Ban jenis AT hanya bisa dipacu dengan baik pada lintasan yang ringan.


Ban offroad MT

Ban Mud Terrain atau ban MT yang merupakan ban khusus untuk mobil SUV yang kerap digunakan di medan berat seperti pertambangan, perkebunan, jalan dengan kubangan lumpur.


Ban jenis MT kontur tapak bannya sangat kasar, lebih kasar dari jenis AT, sehingga kemampuan traksi atau gripnya buruk. Untuk itulah, jenis ban ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di jalanan aspal.


Kelebihan ban jenis MT umumnya yaitu kemampuan yang sangat baik saat melintas lintasan off-road yang sangat berat sekali pun. Karena kelebihannya inilah, tak jarang, ban jenis MT juga cukup banyak digunakan untuk balap offroad.


Buat Anda pemilik mobil SUV atau jeep yang berniat modifikasi mobil kesayangan anda dengan ban untuk offroad, sebaiknya sesuaikan antara keinginan dengan medan jalan yang nantinya mobil tersebut sering lalui. Jangan sampai modifikasi malah membahayakan Anda dan pengguna jalan lain karena gagal menyesuaikan jenis mobil, ban dan kegunaannya.


Saat ini sudah banyak merek ban off-road yang diproduksi pabrikan ban dengan tampilan, corak dan ukuran yang bervariasi. Kerennya lagi, kini ban offroad buatan lokal sudah berani unjuk gigi, lho. Jadi, pasar ban offroad terbaik gak cuma dari didominasi buatan luar negeri.


Sebelum Anda memilih ban untuk offroad, pastikan mengetahui spesifikasi teknis kendaraan agar dapat anda jadikan patokan saat memilih jenis dan ukuran ban untuk medan offroad.


Berikut daftar dan harga ban untuk offroad.


1. Delium Xtreme Xpedition – mulai dari Rp2,8 juta

PT Industri Karet Deli beberapa saat lalu meluncurkan ban terbaru yang dikhususkan untuk jalanan berlumpur. Ban tersebut dinamai Delium Xtreme Xpedition. XTreme Xpedition adalah ban offroad andalan Delium dengan tampilannya yang gagah dan desainnya yang modern. Selain itu, ban tersebut dibekali teknologi terkini dan performa terbaik. Ban offroad XTreme Xpedition sudah bersertifikasi SNI dan DOT.


Dalam proses pembuatan ban tersebut, pihak Delium turut melibatkan komunitas Xtrim Indonesia. Diketahui, ban offroad XTreme Xpedition telah diuji oleh offroader berpengalaman pada medan offroad ekstrem. Keunggulan ban offroad extreme buatan Delium yaitu adanya desain alur (channel) di tengah tapak sebagai pembuangan lumpur dan kombinasi channel dan groove di mana tapak bisa mengikuti bentuk medan sehingga mengoptimalkan traksi.


Ada juga pola uni wrap around yang membantu daya cengkram ban saat di medan offroad dan pola tapak zigzag untuk melawan daya lateral samping saat melewati medan miring.


Delium XTreme Xpedition saat ini baru tersedia ukuran 35×10.5-15LT 6PR/TL atau ban offroad ring 15 dengan harga Rp2,8 juta dan 37×12.5-16LT 6PR/TL atau ban offroad ring 16 dengan harga Rp3,6 juta.


2. Accelera Badak X-Treme – mulai dari Rp1,8 juta

Elangperdana Tyre Industry (EP Tyre) merilis ban offroad Accelera Badak X-Treme bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan scrutineering IOX Andalas 2019. Produsen ban tersebut melibatkan pendapat dari para senior-senior offroad di acara tersebut. Tim Accelera bersama IOX membuat detail dari dimensi ban, pola tapak, sisi luar ban, hingga  sampai kompon.


Ukuran yang dijual oleh Accelera untuk ban offroad Badak X-Treme hanya untuk pelek berukuran 15 inci dan 16 inci yang sesuai dengan kebutuhan melaju di medan bebatuan, tanah hingga lumpur. Soal harga, ban offroad ring 15 buatan Accelera dihargai Rp1,8 juta, dan harga ban offroad ring 16 inci yaitu  Rp2,4 jutaan.


3. Accelera MT-01 – mulai dari Rp1,5 juta

Masih produsen ban EP Tyre. Ban mud terrain (MT) Accelera MT-01 bisa dijadikan pilihan bagi para offroader. Ban Accelera MT-01 memiliki blok tapak yang unik dan lebar sehingga dapat meningkatkan traksi off-road. Ban ini menawarkan traksi unggul pada permukaan offroad karena tapak punuknya dibuat terbuka.


Selain itu, terdapat slot blok untuk mengalirkan air dengan cepat, membuang batu, lumpur dan benda asing lain yang terperangkap dalam celah ban. Desain tapak didesain lebih dalam sehingga pegangannya kuat pada permukaan tanah dan sanggup mencengkram permukaan medan yang yang longgar.


Accelera MT-01 sudah tersedia dalam berbagai ukuran dari ring 15 hingga ring 22. Kisaran harganya mulai dari Rp1,5 hingga Rp1,7 juta. Ban ini cocok buat anda yang sedang mencari ban offroad ring 15, ban offroad ring 16, ban offroad ring 17, ban offroad ring 18, ban offroad ring 19, ban offroad ring 20, ban offroad ring 21, dan ban offroad ring 22.


4. Forceum MT-08+ – mulai dari Rp1,3 juta

Ban offroad Forceum MT-08+ sekilas mirip dengan MT-08 namun dibuat dengan desain yang lebih modern. Ban berblok knobbly besar dengan lekukan yang dalam, tapak terbuka dengan pijakan alur bahu dan ‘tulang rusuk’ tengah yang bersambung memaksimalkan efisiensi ban sata dunakan di medan off-road.


Ukuran ban offroad Forceum MT-08+ yang tersedia di pasaran yaitu ban offroad ring 14, ban offroad ring 16, ban offroad ring 17 dan ban offroad ring 20. Kisaran harga ban offroad Forceum MT-08+ yaitu Rp1,3 sampai Rp2,3 juta.


5. GT Radial Savero Komodo M/T Plus – mulai dari Rp850 ribu

Produsen ban merek GT Radial, yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, memproduksi ban khusus untuk medan offroad yang berat. Ban tersebut bernama GT Radial Savero Komodo M/T Plus. GT Radial Savero Komodo M/T Plus adalah penyempurnaan ban offroad Savero M/T dengan keunggulan desain telapak ban yang berbeda. Ban offroad GT Radial Savero Komodo M/T Plus punya traksi yang lebih mumpuni dan cornering yang lebih kuat dan stabil.


Disamping itu, ban offroad dari GT ini juga lebih nyaman digunakan di jalanan beraspal mengingat susunan bloknya sudah disempurnakan serta noise yang lebih rendah dari tipe sebelumnya. 


Ban offroad buatan GT ini sudah tersedia dalam 11 ukuran untuk ban offroad pelek ring 14, ban offroad ring 15, ban offroad ring 16, ban offroad ring 17, dan ban offroad ring 20. Harga yang dipatok untuk ban-ban tersebut dimulai dari Rp850 ribu sampai Rp2,8 juta.


5. Achilles Dessert Hawk XMT – mulai dari Rp1,5 juta

Selain ban all-terrain atau AT, Achilles sebagai merek ban lokal produksi PT Multistrada Arah Sarana Tbk juga meluncurkan varian mud-terrain (M/T) bernama Desert Hawk XMT. Desain alur ban tersebut dibuat agresif dengan 3 Steps Block dan desain dinding ban X-protection Sidewall. Kode XMT di belakang ban ini kepanjangan dari Extreme Mud Terrain.


Sebenarnya, ban ini sama dengan MT lainnya hanya XMT sanggup melewati medan lumpur yang lebih berat seperti di area tambang atau perkebunan. Ban offroad Achilles Dessert Hawk XMT ukuran ring 15 mulai dari Rp1,1 juta.


Satu hal yang harus anda ketahui, saat membeli ban offroad, salah satu yang harus diperhatikan adalah ukurannya. Jangan sampai anda salah beli ban offroad yang ukuran tidak sesuai dengan mobil yang dimiliki.


Pada ban offroad, satuan metris yang digunakan adalah inci, bukan millimeter (mm). Contohnya, utnuk  ukuran ban 30 X 10.5 R15, berarti diameter total ban yaitu 30 inci dan lebar ban 10.5 inci. Sedangkan untuk R adalah konstruksi ban Radial dengan 15 berarti diameter dari pelek.


Misalnya untuk ban offroad ukuran 205/65 R15 berarti lebar telapak ban adalah 205 mm, aspek rasionya yaitu 65 persen dari lebar telapak ban, 15 berarti besar pelek dalam satuan inci, dan huruf R berarti konstruksi Radial ban.


Sekian pembahasan terkait kelebihan dan kekurangan menggunakan ban mobil untuk offroad. Untuk mengganti ban offroad, sebaiknya bawa kendaraan Anda ke bengkel ganti ban terpercaya seperti Otoklix.


No comments:

Post a Comment