Friday, July 22, 2022

Perbedaan Primary School dan Elementary School

Elementary School


Pendidikan menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Di Indonesia pendidikan formal bisa dimulai dari tingkat sekolah dasar yang memiliki banyak sebutan seperti primary school dan elementary school. Kedua istilah ini memiliki arti yang sama yakni pendidikan di tingkat sekolah dasar.


Salah satu sekolah dasar yang memiliki kurikulum internasional adalah BSJ Primary School. Sekolah ini menyediakan fasilitas pendidikan secara lengkap dan kurikulum yang diupgrade serta mengikuti sistem pembelajaran luar negeri. Seperti penghantaran pembelajaran yang menggunakan Bahasa Inggris bagi siswa.


Namun, mengapa masih terdapat istilah yang berbeda dalam menyebutkan pendidikan di tingkat sekolah dasar? Adakah perbedaan antara istilah tersebut? Apa sajakah kelebihan sekolah dasar berbasis internasional? Simak informasi lengkapnya pada uraian berikut ini.


Apakah Perbedaan Elementary dan Primary School?

Sebenarnya istilah elementary dan primary school memiliki arti yang sama yakni sekolah dasar. Namun, terdapat beberapa sekolah termasuk di Indonesia yang menggunakan istilah berbeda untuk menyebutkan tingkat pendidikan formal tersebut. 


Istilah primary school seringkali digunakan di berbagai negara utamanya di daerah Amerika Utara. Sedangkan untuk istiah elementary seringkali digunakan di Negara Inggris, Irlandia, Pakistan, India, Afrika Selatan, Amerika Latin, Australia, Indonesia, dan beberapa negara lainnya.


Tentunya istilah tersebut menjadi penyebutan yang telah biasa digunakan pada wilayah atau negara tertentu. Namun, tetap saja kedua istilah sekolah dasar tersebut memiliki tingkatan pendidikan yang sama.


Beberapa Keunggulan Sekolah Dasar Internasional

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sekolah dasar internasional, antara lain:


1. Fasilitas pendidikan yang lebih lengkap

Jika dibandingkan dengan sekolah dasar umum lainnya, sekolah berbasis internasional biasanya memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Mulai dari fasilitas utama pendidikan seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang untuk instirahat, hingga area untuk olahraga seperti renang dan yang lainnya.


Dengan begitu, siswa bisa lebih leluasa untuk melakukan pembelajaran atau kegiatan yang diingikan. Karena telah didukung oleh fasilitas pendidikan yang lengkap.


2. Pelatihan kemampuan bahasa lebih intensif

Tidak hanya fasilitas, tetapi sistem pembelajaran yang menggunakan bahasa inggris menjadikan lebih terlatih dalam bidang bahasa. Bahkan sekolah internasional juga menyediakan berbagai macam bahasa negara lain untuk dipelajari sesuai bakat dan minat siswa.


3. Sistem pendidikan yang interaktif

Umumnya, sistem pembelajaran internasional mengarahkan siswa untuk lebih interaktif dalam belajar. Dengan begitu, timbul rasa percaya diri dan persaingan yang ketat antar siswa. Selain itu, interaksi yang dilakukan siswa dengan guru atau siswa dengan siswa membuat kelas menjadi hidup.


Pada waktu tertentu siswa juga diberi kebebasan untuk memilih kegiatan atau pelajaran apa yang ingin dipelajari. Dengan demikian, rasa ingin tahu yang ada dalam diri siswa akan terapresiasi tanpa adanya paksaan atau tekanan dari sistem pendidikan yang diajarkan.


Demikian, penjelasan mengenai perbedanaan antara elementary dan primary school hingga keunggulan dari sekolah internasional. Dengan ini, Anda bisa mulai menentukan sekolah dasar yang cocok sebagai wadah pertama bagi anak untuk memperoleh pendidikan formal. 

No comments:

Post a Comment