Thursday, September 10, 2020

Yuk Kenali Tanda Tanda Mau Melahirkan Saat Hamil Tua

Tanda Melahirkan

Tanda saat hendak melahirkan akan sangat berbeda beda pada setiap wanita, karena tidak ada cara baku untuk mengenali tanda tanda mau melahirkan. Bahkan ketika Anda mulai memperhatikan tanda tanda akan melahirkan dan mengetahui kapan waktu melahirkan akan tiba, bisa saja bayi dalam kandungan akan lahir lebih cepat beberapa hari atau minggu kemudian lagi.

Sebenarnya tubuh Anda secara otomatis akan mempersiapkan untuk masa persalinan, setidaknya satu bulan sebelum waktu melahirkan tiba, sehingga Anda bisa mulai melihat perkembangan saat mendekati persalinan pada masa ini.

Tanda tanda melahirkan umum yang bisa Anda lihat adalah keluarnya lendir di leher rahim, lalu akan disusul dengan terjadinya sumbat lendir yang keluar, itu mengindikasikan bahwa serviks sudah mulai terbuka dan siap untuk proses persalinan.

Ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali saat mendekati proses melahirkan tiba, tidak hanya dengan pecahnya air ketuban saja, ada banyak ciri atau tanda yang bisa dirasakan dari respon tubuh Anda.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak tanda tanda mau melahirkan yang sudah dekat berikut ini!

1. Terasa nyeri punggung dan kram perut

Saat mendekati masa persalinan, Anda akan merasakan nyeri pada punggung dan kram pada bagian perut, biasanya rasa sakit ini akan terasa hampir sama pada saat menjelang menstruasi bulanan. Hal ini terjadi karena otot dan persendian meregang karena respon tubuh untuk persiapan melahirkan.

2. Sendi akan terasa longgar

Kelonggaran pada sendi bisa terjadi karena hormon relaxin yang terkandung selama masa kehamilan dan membuat ligamen menjadi sedikit longgar. Anda mungkin akan merasakan perbedaan bahwa persendian di seluruh tubuh menjadi kurang kencang dan lebih rileks pada saat sebelum melahirkan.

Hal ini terjadi secara alami untuk membuka panggul agar mempermudah proses persalinan nantinya, dan si Kecil bisa dengan mudah dilahirkan ke dunia.

3. Mengalami diare

Saat memasuki masa persalinan, otot otot dalam rahim akan menjadi lebih santai, begitu juga dengan otot otot didalam tubuh lainnya, termasuk bagian dubur. 

Pelemasan otot otot pada bagian duburlah yang menghakibatkan Anda mengalami diare, namun gejala persalinan ini hanya dialami oleh sebagian wanita saja. 
Jika Anda mengalaminya, tentu saja ini merupakan hal yang tidak nyaman untuk dirasakan. Meskipun terasa tidak nyaman dan sangat mengganggu, namun Anda tidak perlu khawatir, karena gejala ini memang normal terjadi, pastikan Anda selalu terhidrasi.

4. Sering merasa kelelahan

Rasa lelah ini terjadi karena tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Dengan perut yang semakin besar dan kandung kemih yang terus aktif akan mengakibatkan kelelahan juga. Cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah ini adalah, dengan sebisa mungkin untuk tidur di siang hari selagi bisa.

Namun ada juga beberapa wanita yang lebih energik saat mendekati proses persalinan, Anda boleh saja untuk bersih bersih dan menata rumah selama tidak terlalu menguras tenaga.

Tanda tanda mau melahirkan di atas bisa saja terjadi berbeda beda pada setiap wanita, masih banyak tanda melahirkan yang harus Anda ketahui berdasarkan usia kandungan, misalnya tanda melahirkan dengan waktu seminggu lagi hingga beberapa jam lagi menuju proses persalinan.

Jika Anda merasakan tanda tanda di atas tadi cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan atau orang yang lebih berpengalaman, misalnya orang tua atau saudara terdekat Anda untuk bertukang pengalaman, dan mengetahui bagaimana cara mengatasi saat merasakan tanda tanda tersebut.

No comments:

Post a Comment