Saturday, January 4, 2020

Tips Terbaru Memanfaatkan Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Luka

Lidah Buaya

Setiap orang tentu pernah mempunyai luka di bagian tubuhnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerap kali aktivitas sehari-hari membuat kita tidak sengaja terluka karena jatuh, tergores benda tajam, terkena pisau dan sejenisnya. Adalah hal yang wajar ketika bagian tubuh terluka, kita pun sontak merespon dengan cemas. 

Namun sejatinya jika masih tergolong luka di tingkatan yang rendah, penanganan dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain dengan memanfaatkan antiseptic atau obat kimia lainnya, menyembuhkan luka bisa dibantu dengan memanfaatkan bahan alami. Seperti kopi salah satunya. Serbuk berwarna hitam yang banyak disukai oleh orang Indonesia ini ternyata tidak sekedar lezat untuk dijadikan sebuah minuman, namun juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan luka. 

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi cukup efektif untuk membantu menyembuhkan berbagai luka mulai dari luka goresan, luka bakar, lecet, hingga luka koreng. Selain itu juga menariknya, kopi bisa digunakan untuk luka baik pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Kopi diketahui memiliki zat antibakteri yang cukup kuat dan kandungan tersebut efektif untuk membasmi kuman jenis Methicillin resistant stathylococcus aureus yang biasanya kerap dijumpai pada jenis luka bernanah.

Dalam pemanfaatannya untuk menyembuhkan luka, cukup dengan menaburkan bubuk kopi secara merata di bagian tubuh yang terluka. Taburkan secara tipis saja. Pastikan luka dalam keadaan selalu kering dan tidak terkena air dalam proses penyembuhan menggunakan kopi. Untuk lebih lengkapnya lagi terkait pemanfaatan kopi bisa menuju ke https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka dan tentu juga di guesehat.com masih banyak lagi info kesehatan terbaru yang terbaik dan dapat menambah pengetahuan di dunia kesehatan.

Nah, selain kopi, ada beberapa bahan alami lainnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera memiliki beberapa senyawa aktif yang salah satunya adalah senyawa antrakuinon, dimana senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah bakteri. Selain itu juga lidah buaya mengandung zat anti-bakteri, anti-virus dan juga anti-jamur yang bisa menghindarkan luka dari resiko infeksi. Cara penggunaannya hanya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang luka.

2. Madu
Madu juga merupakan bahan alami lainnya yang memiliki zat antibakteri untuk membantu proses penyembuhan luka. Cara memanfaatkannya sama dengan lidah buaya, cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang luka.

3. Daun Binahong
Daun Binahong juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka karena ada kandungan antiseptic di dalamnya. Bukan hanya itu saja, daun binahong pun punya kandungan antiinflamasi yang bermanfaat untuk meredakan bengkak dan juga memar. Cara pemanfaatannya cukup dengan menumbuk daun binahong dan kemudian menempelkan pada bagian yang luka.

Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment