Wednesday, January 8, 2020

Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini Makanan Yang Tinggi Kandungan Asam Folatnya

Makanan makanan mengandung asam folat memang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena asam folat bagus untuk perkambangan tumbuh kembang janin sehingga sempurna. Bahkan pakar kehamilan menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi 400 sampai 800 micrograms ( 0,4 sampai 0,8 miligrams ) asam folat dalam sehari selama trimester pertama kehamilan.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Nah, jika kamu bingung bahan makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, berikut ini kami berikan daftarya, mulai dari :

1. Telur
Telur juga sangat membantu asupan berbagai zat gizi, termasuk asam folat. Satu telur berukuran besar mengandung 23,5 mikrogram asam folat. Selain itu, telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kale dan arugula termasuk makanan yang rendah kalori dan mengandung asam folat yang tinggi. Manfaat sayuran hijau untuk ibu hamil juga beragam, termasuk mengurangi risiko kanker.

3. Kubis Brussel
Kubis Brussel atau Brussels sprouts juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk asam folat. Setengah mangkuk kubis Brussel mengandung 47 mikrogram asam folat.

4. Brokoli
Brokoli sudah lama diketahui sebagai makanan yang mengandung gizi tinggi, termasuk asam folat Satu sajian brokoli matang mengandung 84 mikrogram asam folat yang memenuhi seperlima dari kebutuhan harian.

5. Hati Ayam
Hati ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan asam folat tinggi yang paling direkomendasikan. Dalam 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan asam folat.

6. Hati Sapi
Selain hati ayam, hati sapi juga memiliki kandungan asam folat tinggi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Dalam 85 gram hati sapi mengandung 212 mikrogram asam folat atau sekitar 54% dari kebutuhan harian.

7. Pepaya
Buah yang sudah biasa ditemukan di pasar-pasar ini juga ternyata memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Sajian 140 gram pepaya mentah mengandung 53 mikrogram asam folat atau sekitar 13% dari kebutuhan harian.

Itulah beberapa contoh bahan makanan yang mempunyai asam folat yang tinggi, namun alangkah baiknya jika ibu hamil juga membarenginya dengan mengkonsumsi vitamin agar anak dalam kandungan terus sehat sampai dlahirkan keduania.

No comments:

Post a Comment