Monday, December 16, 2019

Kisah Trip Liburan ke Yogyakarta

Candi Borobudur

Saya telah mengunjungi Yogyakarta sekali pada akhir Desember. Saya pergi ke sana bersama teman-teman dengan tiket kereta api Indonesia lewat Traveloka. Butuh sekitar 12 jam untuk pergi ke sana, sangat jauh jika kita pergi ke Yogyakarta. Tapi kami puas saat berada di jalan, karena sepanjang perjalanan kami bisa melihat begitu banyak hal indah dari kereta. Kita bisa melihat pemandangan, rumah, restoran, gunung, dll. 12 jam tidak ada artinya bagi kami.

Kami berangkat dari Jakarta pada jam 8:00 malam, kami akan tiba di Yogyakarta di pagi hari, jadi kami pun memutuskan untuk beristirahat total di dalam kereta agar tidak kelelahan setibanya di Jogja nanti.

Matahari telah datang, itu berarti Yogyakarta hampir tercapai. Dan kami senang. Pukul 9.00 pagi, akhirnya kami tiba di Yogyakarta. Langsung kami pergi ke Candi Borobudur untuk tujuan pertama kami. Karena Candi Borobudur sangat luas, sebelum memulai petualangan di Borobudur, kami beristirahat sejenak dan membeli beberapa makanan di sana.

Untuk info Anda, tiket masuk Candi Borobudur adalah Rp12.500. Tetapi saya mendengar bahwa sejak 15 Januari 2012, harga telah berubah menjadi Rp 15.000 dan Rp 17.000 untuk akhir pekan. Tapi jangan khawatir tentang harga itu, Anda tidak akan kecewa ketika Anda mengunjungi Candi Borobudur, itu masih atraksi paling direkomendasikan di Yogyakarta.

Untuk makan siang, kami memilih untuk mengunjungi Jejamuran Restaurant, di Sleman. Menu-menu mayoritas dari restoran ini penuh dengan jamur (Jamur dalam bahasa Indonesia). Kami memutuskan untuk membeli sate jamur dan sop jamur. Rasanya? Jangan ragu, sangat enak. Kami hanya menghabiskan Rp 10.000 untuk setiap menu, benar-benar murah untuk makanan lezat seperti ini.

Setelah makan siang, kami menuju candi antera, yaitu Candi Prambanan. Salah satu candi legendaris di Yogyakarta, dan salah satu objek wisata terbaik di Yogyakarta. Area ini lebih kecil dari yang dimiliki Candi Borobudur, tetapi pemandangan area Candi Prambanan lebih baik. Tiket masuk Candi Prambanan sama dengan Candi Borobudur, tidak cukup mahal untuk atraksi yang bagus. Kami menghabiskan 2 jam di Candi Prambanan kemudian kami pindah ke Candi Ratu Boko.

Dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko, kami menempuh perjalanan 2 jam, cukup jauh. Ketika kami tiba disana, matahari hampir habis. Candi Ratu Boko tidak sepopuler Candi Borobudur dan Prambanan. Tapi di sini, kita bisa menikmati udara segar dan kita bisa melihat keindahan gunung Merapi sambil menyantap cemilan dan minum kopi.

Hari kedua di Yogyakarta, kami memutuskan untuk mengunjungi Kasongan Desa Wisata, pusat kerajinan gerabah. Terletak di Bantul. Dari kota kami membutuhkan waktu 30 menit untuk menjadi Desa Kasongan. Banyak kerajinan tembikar yang baik dapat dilihat di sini.

Setelah membeli beberapa kerajinan tembikar di Kasongan, kami pindah ke Rumah Budaya Tembi (Rumah Budaya Tembi), itu adalah museum budaya Jawa. Seluruh koleksinya spesial dari Jawa seperti barang dapur (Tungku, Dandang), senjata Jawa, barang pertanian, dll. Jangan khawatir jika Anda ingin mengunjungi Rumah Budaya Tembi, semuanya gratis, tanpa biaya. Kami menyukai tempat ini, karena kita semua adalah pecinta tradisi Jawa.

Kemudian, tujuan terakhir kami adalah Pasar Seni Gabusan (Pasar Seni Gabusan). Dari namanya Anda harus tahu tempat ini. Ya, ini pasar seni. Kami membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta. Beragam harga dapat ditemukan di sini. Dari Rp 5.000 - ratusan ribu bisa ditemukan.

Akhirnya, ini adalah hari ketiga kami di Yogyakarta, hari terakhir kami berada di Yogyakarta. Tidak banyak tempat yang akan kami kunjungi pada hari ini, karena pada sore hari kami harus pulang ke Jakarta. Di pagi hari, kami pergi ke Pasar Beringharjo (Pasar Tradisional Beringharjo) untuk membeli beberapa makanan ringan untuk dimakan di dalam kereta selama dalam perjalanan ke Jakarta. Kemudian kami pindah ke Malioboro untuk membawa kaos, celana pendek, dan barang dagangan Yogyakarta. Nah itulah sedikit kisah perjalanan saya dan teman-teman dari Jakarta ke Yogyakarta untuk sekedar mengisi liburan.