Friday, November 29, 2019

Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di Depok: Waspadai 5 Jenis Penyakit Kelamin yang Sering Kali Sudah Menyerang Namun Tidak Disadari

Dokter Depok

Penting bagi siapa sebenarnya untuk melakukan tes atau pemeriksaan medis untuk melihat kemungkinan bahwa sedang terkena penyakit, diantaranya yang cukup berbahaya dan mengintai adalah penyakit kelamin. Karena ada konsekuensi yang nyatanya cukup fatal dapat mengintai Anda jika seandainya terbukti terkena penyakit, namun tidak segera dilakukan pengobatan. Apalagi memang terkadang gejalanya sendiri sering kali tidak disadari, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin di Depok atau daerah-daerah yang lainnya.

Faktanya memang cukup banyak diantara rumah sakit yang memiliki bidang pelayanan khusus untuk mengatasi penyakit kelamin ini, sehingga tidak perlu khawatir. Berbicara mengenai penyakit yang menyerang organ genital ini sendiri, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya cukup banyak diantaranya yang tidak disertai dengan gejala-gejala yang selalu kasat mata atau terlihat secara jelas. Beberapa diantaranya bahkan sama sekali tidak terlihat. Padahal sebenarnya seseorang tersebut tengah menderita penyakit kelamin, inilah sebenarnya kondisi yang patut untuk diwaspadai, karena bisa jadi nantinya berdampak serius.

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis penyakit kelamin yang sangat umum, namun tidak disertai dengan gejala yang wajib untuk Anda kenali, yaitu:

1. Trikomoniasis, umumnya baik itu pria dan juga wanita yang sudah terinfeksi oleh parasit Trichomonas ini tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sudah terkena gangguan kesehatan, padahal sebenarnya mungkin sudah terinfeksi sampai dengan bertahun-tahun. Gejala paling umum yang akan dirasakan oleh penderitanya diantaranya adalah keputihan yang berbau busuk, bisa juga keluar cairan asing tertentu lewat penis pria. Mereka juga sering kali mengalami gatal-gatal di organ intim. Bahkan ada sensasi perih seperti terbakar saat sedang kencing atau saat berhubungan seksual.

2. Mononukleosis, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang disebabkan oleh EBV, penularan bisa terjadi melalui alat kelamin ataupun juga cairan organ intim, bahkan juga pertukaran cairan atau air liur ketika tengah berciuman. Sebagian besar diantara penderitanya tidak merasakan gejala apapun, kecuali mungkin rasa tidak enak badan, terasa pegal dan juga linu, mirip seperti gejala penyakit flu, jadi patut untuk diwaspadai.
3. Infeksi parasit usus, ini adalah salah satu penyakit kelamin yang penularannya adalah lewat paparan feses, bisa berpindah dari satu orang ke orang yang lainnya ketika melakukan hubungan seksual, diantaranya adalah anal seks hingga oral seks. Biasanya mereka yang sudah terkena parasit tersebut akan mengeluhkan gejala seperti diare, sakit perut dan juga mual.

4. Mylluscum contagiosum, penyakit kelamin ini disebabkan oleh poxvirus, biasanya terjadi karena hubungan seks yang tidak menggunakan kondom. Bahkan kontak kulit biasa ketika mandi juga bisa menyebabkan penularan dari penyakit ini. gejala awalnya adalah dalam bentuk kutil kelamin, disertai dengan demam dan juga rasa kurang enak di badan.

5. HPV, ini termasuk dalam jenis penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks pada wanita, hanya saja pada saat terserang virus ini baru akan diketahui masalahnya dalam jangka waktu panjang, yaitu setelah bertahun-tahun. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia sedang terjangkit atau terinfeksi dari Human papiloma virus tersebut.

Jadi patut untuk diwaspadai, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan secara teratur ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin di Depok, untuk meminimalisir faktor resikonya, karena takutnya akan bertambah parah dan sulit untuk mendapatkan pertolongan.

No comments:

Post a Comment