Wednesday, September 18, 2019

Barang yang Wajib Sekali Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

Mendaki Gunung
sumber:hipwee.com

Saat ini gunung menjadi destinasi wisata favorit di kalangan remaja. Apalagi sejak meledak nya film 5cm dengan latar belakang keindahan Gunung semeru. Banyak orang berbondong-bondong mendaki gunung hanya untuk menyaksikan langsung keindahan negeri kita ini dari puncak gunung. 

Untuk kamu yang masih pemula maupun yang sudah pro dan berniat mendaki gunung, kamu wajib mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Misalnya, mempersiapkan fisik yang kuat dan mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa. Di ulasan kali ini, kita akan membahas apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Simak, yuk!

Jaket

Jaket Gunung
sumber:gunung.id

Jaket merupakan komponen yang paling terpenting dan wajib kamu bawa saat mendaki gunung. Karena udara di atas gunung itu dingin, belum lagi jika kamu harus menginap dan tidur di tenda. Rasanya menggunakan sleeping bag saja belum cukup lantaran udara gunung yang sangat dingin. Bahkan, banyak pendaki gunung yang kedinginan walaupun sudah memakai jaket. 

Tas Carrier 

Tas Carrier
sumber:womantalk.com
Saat mendaki gunung, pasti banyak barang yang harus kamu bawa dan tentunya kamu membutuhkan tas yang bermuatan besar sebagai tempat untuk membawa barang bawaan kamu. Tas carrier memang didesain khusus untuk para pendaki gunung, lantaran tas nya yang bermuatan banyak, bahkan kapasitas tas ini bisa lebih dari 60 liter. 

Pakaian Ganti

Pakaian Ganti
sumber:bromotravelindo.com

Saat kamu mendaki gunung, tubuh kamu akan mengeluarkan keringat dan tentunya kamu pasti membutuhkan baju ganti yang kering agar kamu tidak kedinginan karena memakai pakaian yang basah.

Tenda dan Matras

Tenda dan Matras
sumber : gunung.id
Jika kamu ingin bermalam di gunung kamu perlu membawa tenda dan matras untuk tidur. Tenda akan melindungi kamu dari panas dan hujan, sedangkan matras sebagai alas untuk kamu tidur.

Sleeping Bag

Sleeping Bag
sumber: gunung.id

Bawalah sleeping bag jika kamu berniat ingin menginap di gunung, fungsi sleeping bag sebagai pengganti selimut jika kamu kedinginan di atas gunung.

Jas Hujan
Jas Hujan Gunung
sumber : gunung.id
Tidak hanya pada musim hujan saja kamu perlu membawa Jas hujan, sebetulnya ketika tidak sedang musim hujan pun kamu wajib membawanya untuk antisipasi jika tiba-tiba turun hujan. Karena cuaca memang tidak bisa diprediksi.

Kompor Camping Portable

Kompor Camping Portable
sumber :gunung.id

kalau kamu membawa kompor gas biasa dan tabungnya yang lumayan berat untuk dibawa mendaki sepertinya akan merepotkan sekali. Saran kami bawalah kompor praktis yang bisa dibawa saat mendaki gunung. 

Kamu bisa membawa kompor portable mini untuk memasak di atas gunung, bahkan di tempat yang banyak angin sekalipun. Tidak usah khawatir api akan mati tertiup angin, karena di kompor ini terdapat besi yang membentuk seperti kelopak bunga untuk melindungi api agar tidak tertiup angin.  Kompor ini juga sangat ringan dibawa dan bisa kamu masukan ke dalam tas carrier kamu karena bentuknya yang kecil dan tidak menggunakan tabung gas LPG, melainkan menggunakan tabung gas butane yang ringan.

Tisu Kering dan Basah

Tisu Kering dan Basah
sumber:monotaro.id

Tisu dibutuhkan untuk membersihkan diri usai buang air. Tapi ada juga lho gunung yang tidak memperbolehkan pendaki membawa tisu karena takut tisu itu akan mencemari lingkungan sekitar. 

 Plastik Sampah

Plastik Sampah
sumber:bmsplastik.com

Jagalah kebersihan gunung dengan tidak meninggalkan sampah di sana. Bawalah sampahmu turun agar tidak mengotori lingkungan sekitar. Plastik sampah sangat dibutuhkan untuk membawa sampah-sampahmu turun.

Senter

Senter
sumber:infopendaki.com

Kamu pasti akan membutuhkan senter apabila kamu akan mendaki pada saat malam hari. untuk membantu kamu melihat jalan setapak yang akan kamu lalui di gunung. Sehingga, senter sangat diperlukan sekali saat mendaki gunung.

Makanan dan Minuman 

Makanan dan Minuman Gunung
sumber:maioloo.com

Makanan dan minuman akan sangat diperlukan sekali karena kamu pasti membutuhkan asupan yang banyak untuk menambah stamina. Tidak usah khawatir, sekarang ini di gunung-gunung tertentu banyak sekali pedagang asongan yang menyediakan makanan dan minuman. Jadi kamu tidak perlu membawa banyak makanan dari rumah.

Kotak P3k dan Obat

Kotak P3k dan Obat
sumber:alatkesehatan.id

Walaupun kamu mendaki dalam kondisi baik-baik saja, kotak p3k dan obat-obatan wajib sekali kamu bawa. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada saat perjalanan, bisa saja hal yang tidak kamu inginkan terjadi. Tidak bermaksud berprasangka buruk, tapi hanya untuk antisipasi saja.

Jika kamu baru pertama kali wisata atau mendaki gunung, maka ajaklah temanmu yang sudah sering naik turun gunung sebagai pemandu kamu saat mendaki gunung.  Dan kamu wajib mencari tahu informasi  tentang gunung yang ingin kamu daki agar kamu tahu apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di gunung tersebut. Karena biasanya banyak larangan dan pantangan yang tidak boleh kamu lakukan sembarang.

No comments:

Post a Comment