Tuesday, September 17, 2019

3 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Dijalankan dari Modal Pinjaman Uang

Pinjaman Uang

Di tengah daftar kebutuhan hidup yang semakin meningkat, memulai bisnis sampingan bisa jadi solusi terbaik bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Syukur-syukur kalau bisnisnya sukses, kamu bisa fokus membesarkan bisnis sendiri dan jadi wirausahawan. Nggak lagi perlu jadi karyawan atau bergantung semata pada gaji bulanan, deh. Tapi sayangnya, memulai bisnis sampingan tentu bukan perkara yang mudah. 

Rencana bisnisnya sudah matang, tapi modalnya nggak ada. Tentu akan sulit jalan. Sebaliknya, modalnya sudah ada tapi rencananya masih berantakan, justru bisa jadi lebih kacau. Perkara modal, apabila kamu pemula dalam dunia bisnis, yang ideal tentu mengandalkan uang tabungan yang kamu miliki. Setiap bisnis, tentu ada risikonya tersendiri, dengan menggunakan uang tabungan sebagai modal, jika bisnis kamu tidak berjalan seperti yang diharapkan, beban yang mesti ditanggung tidak terlalu berat dibanding jika kamu mengajukan pinjaman uang untuk modal, baik ke bank atau fintech terpercaya seperti Kredivo

Namun, apply pinjaman uang sebagai modal bisnis, juga bukan sesuatu yang salah. Justru sebaliknya, layak dicoba apabila kamu sudah sangat yakin dengan goal atau rencana bisnis yang ingin dicapai. Nah, sebagai rekomendasi, kalau sumber modalnya adalah pinjaman, kamu bisa coba mulai dari jenis bisnis yang skalanya kecil & produknya sudah pasti dibutuhkan orang. Contohnya adalah:

Bisnis Waralaba atau Franchise Makanan & Minuman Ringan

Lagi, memulai bisnis, bukanlah perkara mudah. Apalagi yang mengangkut kuliner meski cuma makanan atau minuman ringan. Oleh karena itulah, ada solusi yang bernama bisnis waralaba atau franchise bagi kamu yang tertarik mencoba peluang bisnis kuliner tapi masih meraba-raba perihal resep yang cocok dan disukai di pasaran. Kalau kamu pernah lihat booth makanan kecil di pinggir jalan yang menjual kentang sosis goreng, minuman coklat blender, takoyaki, dan sejenisnya dengan satu merek yang sama, itulah yang dimaksud dengan jenis bisnis waralaba atau franchise. 

Produsen dari sebuah bisnis franchise memang menjual satu paket bisnis yang terdiri atas: hak cipta untuk menggunakan mereknya, booth, resep, bahan-bahan dasar pembuatan makanan dan minuman terkait, serta pelatihan khusus tentang tata cara pembuatan serta menjalankan bisnis. Harga paket bisnisnya bermacam-macam, namun biasanya berkisar mulai dari Rp 2 juta ke atas untuk paket yang paling lengkap. Dalam artian, kamu tinggal terima beres dan menjalankan bisnis sesuai prosedur yang sudah ditetapkan. 

Untuk franchise makanan atau minuman ringan juga biasanya tidak memerlukan resep khusus yang rumit. Minimal hanya digoreng atau diblender, tapi jenis makanan ini tetap digemari banyak orang. Jika menjalankan bisnis ini, PR utama kamu ada dua: mencari lapak yang tepat dan ramai lalu lalang orang serta menetapkan harga jual yang sesuai dengan target pasarnya. 

Bisnis Warung Kelontong & Pulsa PPOB

Kalau kamu punya space yang masih lowong di rumah untuk dimanfaatkan sebagai lahan warung, kamu bisa coba memulai bisnis warung kelontong kecil-kecilan sekaligus jadi agen pulsa dan PPOB. Apalagi kalau lokasi rumah kamu berada di wilayah strategis yang warganya cukup ramai lalu lalang. Ada dua cara untuk memulai bisnis warung kelontong: yang pertama belanja barang-barangnya sendiri ke agen atau pasar dan yang kedua adalah memesan paket booth warung lengkap dengan bujet Rp 2 jutaan ke atas ke e-commerce yang menyediakan layanan ini. Iya, sekarang sudah ada layanan commerce yang menjual paket booth warung lengkap dengan isinya. 

Selain itu, supaya makin ramai warungnya, kamu juga bisa menambah produk yang dijual misalnya pulsa, paket data, token PLN, hingga layanan pembayaran BPJS, Telkom, listrik, dan lain sebagainya, yang mana produk ini sudah pasti dibutuhkan banyak orang setiap harinya. Untuk bisa jualan produk digital ini, banyak aplikasi agen pulsa online yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store atau App Store. Biasanya, aplikasi sejenis ini akan meminta kamu menaruh sejumlah deposit untuk sistem transaksinya. 

Bisnis Kopi Gerobak

Baik yang bentuknya gerobak dorong atau booth berbentuk gerobak, bisnis kopi susu saat ini memang lagi ngehits dan seperti sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Terutama di kantor-kantor, kalau kamu mau pergi riset dan memperhatikan, sehabis jam makan siang, pasti banyak orang kantoran yang mampir ke kedai kopi dan balik dengan membawa segelas kopi susu seharga Rp15.000 hingga Rp25.000-an. 

Selain warung, ada juga lho produsen yang menyediakan paket bisnis kopi gerobak lengkap dengan resep, alat pembuatan kopi, serta pasokan biji kopinya. Tapi, tentu kisaran harganya lebih mahal dibanding dengan bisnis franchise snack ataupun warung kelontong. Jika kamu memiliki ketertarikan khusus pada kopi dan segala racikannya, jenis bisnis ini bisa jadi pilihan terbaik sekaligus menantang!

Kredivo: Akses Pinjaman Uang Online dengan Limit Hingga Puluhan Juta & Suku Bunga Terbaik

Untuk pemula, tentu sulit jika harus mengajukan pinjaman modal ke bank karena ada proposal bisnis yang harus diajukan lebih dulu dan proses survei. Tapi, ada fintech yang bisa jadi alternatif sekaligus solusi. Salah satunya Kredivo, kamu bisa daftar sekarang supaya bisa dapat sejumlah limit kredit. Syarat utama pendaftarannya cukup mudah: kamu adalah WNI yang berusia 18 tahun ke atas, berpenghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk mendaftar. Saat daftar, pastikan kamu memilih akun Premium supaya dapat limit yang lebih besar dan bisa menggunakan fasilitas pinjaman uang tunai. Kredivo dapat memberikan limit kredit maksimal hingga Rp30 juta. Sementara untuk fitur pinjaman uang, terbagi menjadi dua jenis: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk jumlah pinjamannya sendiri berkisar mulai dari Rp 500 ribu untuk pinjaman mini dan Rp 1 juta hingga puluhan juta untuk pinjaman jumbo. Kredivo mematok suku bunga angsuran hanya 2,95% per bulan untuk pinjaman dengan pilihan tenor mulai 30 hari, 3 bulan, dan maksimal hingga 6 bulan. Cukup bersahabat untuk pinjaman modal bisnis kecil-kecilan!

No comments:

Post a Comment