Monday, September 23, 2019

Tips Aman dan Nyaman Naik Kereta Api Kelas Ekonomi

Perjalanan nyaman dengan kereta dari Jakarta ke Cirebon

Traveling dengan kereta api tentunya menjadi salah satu alternatif yang kerap dipilih. Sebab transportasi ini bebas macet dan Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga terjangkau. Terlebih lagi untuk kelas ekonomi. Nah agar perjalanan Anda dengan menggunakan tiket kereta api dapat lebih menyenangkan, ikuti beberapa tips berikut ini. 

Datang Tepat Waktu 

Kereta kelas ekonomi zaman sekarang sudah cukup berbeda dengan kereta kelas ekonomi yang dulu lo. Jika dulu kelas ekonomi terkenal dengan keterlambatannya, lain halnya dengan sekarang. Kini anggapan tersebut sudah terhapus dengan jadwal keberangkatan yang lebih ketat dan padat. Usahakan untuk datang 30 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan. 

Cukup Bawa Satu Tas Saja

Perjalanan nyaman dengan kereta dari Jakarta ke Cirebon tentu menjadi impian semua orang, meski hanya naik kereta api kelas ekonomi. Terlebih lagi tas merupakan salah satu barang yang tidak boleh tertinggal saat traveling. Namun agar perjalanan Anda makin nyaman, pastikan untuk tidak membawa tas dan barang bawaan terlalu banyak. 

Mengapa? Sebab membawa terlalu banyak tas hanya akan membuat Anda cukup kerepotan saat menempatkannya di atas kabin. Selain itu, perlu Anda ingat jika ada beberapa kereta api kelas ekonomi yang dilengkapi dengan kursi berkapasitas penumpang. Jadi jika Anda tidak mau mengganggu kenyamanan penumpang lain, cukup bawa satu tas saja. 

Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Khusus untuk kelas ekonomi dan bisnis, posisi duduk selama perjalanan memang tidak bisa diubah lagi. Jadi pastikan dari awal Anda memilih posisi duduk maju yang searah dengan laju kereta. Jika kereta berjalan ke barat, maka pastikan Anda duduk ke arah barat juga. Tak hanya pemandangannya yang bagus, posisi ini juga akan membuat Anda tak mual selama perjalanan. 

Selain itu, jika Anda masih mendapatkan banyak pilihan kursi, usahakan untuk hindari memilih kursi dekat bordes atau sambungan gerbong. Mengapa? Sebab pada umumnya posisi ini berdekatan dengan toilet. Jadi agar kenyamanan Anda tidak terganggu, pastikan untuk jangan memilih kursi di posisi ini. 

Hindari Paparan AC Langsung

Meski setiap gerbong sudah dilengkapi dengan AC atau pendingin ruangan, namun fasilitasnya tentu tak senyaman seperti kelas eksekutif. Setiap gerbong kelas ekonomi biasanya dilengkapi dengan 3 sampai 4 AC. Hal ini akan membuat AC tersebut terlalu dingin. Untuk itu sebisa mungkin pilih tempat duduk yang membelakangi AC agar Anda tidak masuk angin. 

Kursi Dekat Jendela Lebih Nyaman

Salah satu alasan mengapa orang lebih suka duduk di dekat jendela karena pemandangannya lebih bagus. Meski durasi perjalanan lebih cepat, namun pemandangan yang cantik bisa menghapus rasa bosan dan lelah. Selain itu, posisi duduk ini akan memudahkan Anda saat menggunakan colokan charger yang berada di bawah meja penumpang. 

Manfaatkan Menu Restorasi

Jika durasi perjalanannya terbilang cukup lama, makanan dan minuman merupakan salah satu hal yang dibutuhkan. Jadi jika Anda merasa lapar atau haus, langsung saja pesan menu khas restorasi melalui petugas kereta yang setia menawarkannya. Ada banyak pilihan menu dengan harga terjangkau yang bisa Anda nikmati. 

Bepergian menggunakan kereta api kelas ekonomi memang tak selalu identik dengan hal yang tidak menyenangkan. Perjalanan Anda dengan kereta api kelas ekonomi dapat berjalan lebih menyenangkan jika menerapkan beberapa tips di atas. Jadi ke mana saja tujuan Anda jangan lupa untuk pesan tiket di Traveloka dengan proses mudah, liburan juga makin asyik. 

No comments:

Post a Comment