Monday, November 5, 2018

Pilihan Makanan Pendamping Tepat Untuk Bayi


Mpasi Bayi

Sejak bayi berusia 6 bulan ke atas para orang tua biasanya sudah mengenalkan berbagai jenis makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI ini ditujukan sebagai proses belajar bagi bayi melatih kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan yang sehat. Akan tetapi dalam pemberian MPASI pertama untuk bayi tentunya harus dipilihkan dari makanan yang betul-betul sehat, bersih, dan baik untuk nutrisinya.

Pemberian MPASI pada bayi juga tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari ASI karena untuk sehari-hari yang paling utama diberikan tetap ASI kepada bayi. Dalam memberikan MPASI ini bagi bunda harus tahu menu MPASI pertama bayi yang memang cocok untuknya, sehingga bisa memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan. Lalu sebagai menu pertama yang dapat diberikan anda dapat memilihnya seperti makanan yang lembut.

Pada tahap awal pemberian makanan MPASI pilihan bunda bisa dengan memberikan menu seperti sereal bayi atau bubur nasi yang sudah lembut atau dihaluskan. Selain menu tersebut untuk menambahkan nutrisi yang bisa didapatkan oleh bayi, bunda bisa memberikan makanan tambahan lainnya seperti wortel, ubi, kentang, yang semuanya telah direbus supaya lembut. Selain itu juga bisa menambahkan buah-buahan rebus seperti apel atau bisa juga buah pir.

Untuk menu MPASI pertama bayi ini usahakan bunda hanya memberikan makanan yang tidak mengandung gula tambahan atau garam. Perhatikan juga dalam memberikan menunya untuk tidak diberikan langsung setiap hari, bunda bisa memberikan jarak sekitar tiga sampai lima hari dalam memberikan makanan yang baru. Hal ini untuk mengetahui apakah bayi mengalami reaksi setelah makanan diberikan seperti muntah atau menyebabkannya mengalami diare. Jika reaksi yang berlebihan ditunjukan oleh bayi maka anda bisa menggantikan MPASInya dengan makanan lain atau bisa langsung untuk berkonsultasi ke dokter.

Pada pemberian menu pertama ini diberikan secara bertahap misalnya dengan hanya memberikan MPASI yang tunggal untuk melihat bagaimana reaksinya. Selanjutnya anda dapat memberikan MPASI campuran dari berbagai bahan yang bernutrisi. Walaupun begitu dalam pemberikan makanan ini sebaiknya tetap saja diperlukan perhatian khusus terutama melihat bagaimana reaksi dari bayi.

No comments:

Post a Comment