Thursday, October 27, 2022

Berapa Rumus Berat Badan Ideal Anak Sehat

Ketika anak sudah mulai memasuki usia makan / MPASI maka bisa saja anak menjadi susah diberi makan sehingga berat badannya jadi menurun dibanding ketika anak masih hanya minum susu. Hal itu sering terjadi dan orang tua jangan stress dalam menghadapinya dan harus tau rumus berat badan ideal anak dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari hari dalam perkembangannya.


Berat badan anak merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam perkembangannya. Orang tua bisa memantau berat badan anak dirumah atau juga bisa ke posyandu atau ke puskesmas setiap bulan untuk mengetahui berat badan anak secara akurat.


Perkembangan anak bisa dilihat dari berat badannya. Berapa berat badan ideal anak usia 1 – 2 tahun.


Rumus Berat Badan Ideal Anak 1 - 2 Tahun

Ketika usia 1 tahun anak sudah mulai memasuki masa MPASI dan penambahan berat badannya di usia ini tidak sebesar ketika anak usia baru lahir hingga 1 tahun.


Mengutip info dari Healthy Children, rata-rata berat badan anak bertambah 1,4 kg – 2,3 kilogram dalam setahun.


Jadi  untuk berat badan anak perempuan idealnya sekitar 8,9 kilogram – 11,5 kilogram. Sementara itu berat badan anak laki-laki sekitar 9,6 kilogram – 12,2 kilogram.


Dibawah ini info gambar lebih lengkapnya yang merupakan rincian berat badan balita yang ideal untuk anak usia 1-5 tahun, berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Rumus Berat Badan Ideal

Jika anak ternyata memiliki berat badan yang kurang dari rumus berat badan ideal diatas maka bisa dibilang anak termasuk belum memiliki berat badan ideal dan jika anak memiliki berat badan melebihi rentang berat badan diatas maka anak bisa dikatan kelebihan berat badan atau mengalami obesitas pada anak.


Kalau penurunan berat badan terjadi terus-menerus, bisa menjadi tanda pertumbuhan anak sedang bermasalah atau kondisi kesehatan anak sedang terganggu. Dan jika penambahan berat badan anak terjadi berlebihan maka orang tua harus lebih memperhatikan makanan dan asupan nutrisinya agar bisa menjadi lebih ideal dan sehat.


Semoga info rumus berat badan ideal anak diatas bisa bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment