Saturday, November 21, 2020

3 Tips Sederhana Supaya Printer Awet dan Tahan Lama

 

Printer Merk Brother

Sebelum Anda memutuskan untuk memiliki printer di rumah dan mengunjungi laman jual printer merk brother untuk keperluan mencetak dokumen, mungkin Anda perlu menyimak beberapa tips sederhana berikut agar printer awet dan lebih tahan lama. Tentu saja, tips-tips ini bisa digunakan untuk berbagai jenis merk printer, sehingga akan memudahkan Anda ketika melakukan perawatan pada printer. 


Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat printer tersebut.


1. Rutin menggunakan printer

Cara paling mudah dalam merawat printer adalah rutin menggunakannya setiap hari atau dua kali dalam seminggu. Tujuannya supaya spare part pada printer tidak mengering dan menurunkan performanya. Seperti diketahui, pada body printer terdapat banyak spare part yang bisa digunakan untuk menggerakan bagian-bagian printer tersebut. Pada masing-masing komponen tersebut terdapat pelumas yang membuat kinerja printer semakin stabil. 


Oleh karena itulah, jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka pelumas pada spare part tersebut akan mengering dan bisa menyebabkan performa printer menurun dan terhambat. Bahkan, yang paling parah, printer akan rusak karena suku cadangnya patah. Selain itu, menggunakan printer secara teratur juga dapat menghindari agar tidak terjadi penurunan kualitas pada bagian cartridge tinta dan head printer karena jika tidak digunakan biasanya menyebabkan kebuntuan pada kedua bagian tersebut.


2. Memilih tinta printer yang tepat

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan penggunaan tinta printer karena memilih jenis tinta yang tepat akan membantu menjaga keawetan printer tersebut. Memang, banyak yang menjual tinta printer di pasaran, namun sebaiknya berhati-hatilah memilihnya karena ditakutkan tinta printer tersebut malah bisa menyebabkan kerusakan pada printer saat tidak digunakan. 


Tak hanya itu, setiap merk dan jenis tinta yang dijual juga memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, penting untuk memastikan bahwa kualitas dan karakteristik tinta yang Anda gunakan sama dengan tinta pertama yang Anda gunakan. Jika terpaksa harus mengganti tinta printer asli dengan jenis tinta yang kompatibel, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi printer.

 

3. Rutin mengganti selang infus

Selang merupakan komponen yang berfungsi dalam mengarahkan tinta dari tabung infus ke cartridge printer (jika menggunakan printer jenis infus). Menurut sebagian orang, selang printer ini bisa digunakan tanpa batas waktu pemakaian asalkan bisa menguras tintanya dengan baik, yang mana anggapan tersebut salah besar. Pasalnya, selang yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan selang menjadi keras dan akhirnya membuat pergerakan selang menjadi tidak teratur. Parahnya lagi, selang bisa saja tersangkut ketika sedang mencetak dokumen. 


Untuk mencegahnya, maka rutinlah mengganti selang printer agar tidak mengalami masalah tersebut. Waktu penggantiannya sendiri tergantung pada jenis tinta yang digunakan, di mana semakin kental jenis tinta maka akan semakin mempercepat intensitas penggantian selang printer tersebut, begitupun sebaliknya.


Demikian beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan supaya printer semakin awet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

No comments:

Post a Comment