Monday, May 6, 2019

Persiapkan Ini Sebelum Buka Jasa Cuci AC

Pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin tahun semakin meningkat, ini terlihat dengan daya beli masyarakat pada alat elektronik yang juga meningkat, salah satu alat elektronik yang menjadi pilihan untuk dimiliki adalah pendingin ruangan atau AC. 

Jasa Cuci AC

Penjualan produk Air Conditioner (AC) di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, begitupula dengan usaha Jasa Cuci AC yang ikut meningkat. Hal tersebut dipacu oleh meningkatnya kesejahteraan rumah tangga dan pertumbuhan gedung kantor dan gedung lainnya, sehingga penggunaan AC pun semakin meningkat. 

Layaknya perangkat elektronik lainnya AC juga perlu perbaikan. Apalagi dimusim kemarau yang pasti membuat udara menjadi sangat panas apalagi Indonesia punya iklim trofis. Hal inilah yang membuat peluang usaha Jasa Cuci AC semakin terbuka lebar untuk dilirik. Dipastikan permintaan pencucian AC maupun penambahan freon meningkat.

Kondisi ini yang akhirnya memunculkan peluang bisnis menggarap pasar AC secara khusus. Beda dengan perangkat elektronik lainnya, seperti televisi, kulkas dan mesin cuci, setelah unit AC terjual dan terpasang, jasa servis akan terus mengikuti sebagai kebutuhan rutin. Sebagai bagian dari perawatan, AC butuh dibersihkan minimal empat bulan sekali.

Bagi kalian yang tertarik untuk menggeluti bisnis Jasa Cuci AC atau service AC, setidaknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan, mulai dari:

1. Alat-alat Penunjang
Sebagai modal awal untuk membuka Jasa Cuci AC setidaknya harus punya alat standart service atau cuci ac, alat tersebut seperti Motor steam komplit dengan selang, plastik, dan bak atau ember. Selain itu peralatan standart juga diperlukan untuk membongkar unit Ac seperti  obeng, kunci inggris, manifold, clamp meter ( tang ampere ), dan gas refrigerant / freon dan setidaknya punya kendaraan operasional seperti motor. Alat standart ini cukup mudah didapatkan dipasar elektronik, untuk mendapatkan alat standart itu diperlukan dana sedikitnya 3 – 5 juta rupiah.

2. Nomor Yang Bisa Dihubungi
Sebagai pemain baru diranah Jasa Cuci AC yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah nomor kontak khusus, karena jasa ini mengharuskan kesigapan. Maka agar memudahkan pelanggan menghubungi anda kapan saja, siapkan no kontak person yang siap di hubungi 24 jam dan menanggapi semua keluhan konsumen dengan cepat dan ramah.

3. Koneksi Toko Sparpart AC
Ini juga yang paling krusial harus dimiliki sebelum terjun kebisnis Jasa Cuci AC atau Jasa Service AC. Ini agar memudahkan kalo AC konsumen perlu menggangti sparpart. Dengan mempunyai teman yang menjalankan bidang tersebut, anda akan mudah mendapatkan sparepart-sparepart tesebut.

4. Promosi
Ini adalah hal yang paling penting dan utama saat terjun kedunia usaha jasa. Ini menentukan produk jasa yang anda tawarkan bisa sampai pada calon pelanggan anda atau tidak.

Diera digital seperti sekarang ini berpromosi usaha terbilang cukup udah, pasalnya sekarang promosi usaha bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media dan blog yang gratis. Atau jika anda mempunyai cukup uang bisa mengiklankan usaha anda di facebook ads, atau periklanan google AdWords.

Selain itu promosi secara mulut kemulut juga bisa dilakukan, namun untuk bisa dilakukan pengusaha jasa harus juga memberikan layanan yang baik dulu. Karena dalam sebuah usaha jika melayani konsumen dengan baik dan disiplin, maka pelanggan tersebut akan kembali menghubungi. Biasanya antara pelanggan yang satu dengan yang temannya yang lain akan seling merekomendasikan, alias antar mulut ke mulut.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha Jasa Cuci AC dan Service AC agar usaha jasa ini bisa berjalan mulus dan mendatangkan income yang banyak. Namun yang paling penting dalam usaha jasa ini adalah keahlian pengusaha jasa itu sendiri, apabila tidak mempunyai skill lebih baik untuk kursus atau belajar terlibih dahulu agar tidak merugikan pelanggan dan diri sendiri.

No comments:

Post a Comment