Saturday, April 27, 2019

Tips dan Trik Pengadaan Perusahaan Manufaktur agar Efisien

Perusahaan manufaktur harus memastikan tersedianya semua kebutuhan sumber daya untuk produksi barang. Anggaran yang tersedia juga harus dimanfaatkan dengan baik demi memenuhi target produksi sesuai perencanaan. Bagaimana caranya agar pengadaan perusahaan efisien? Ikutilah tips dan trik berikut untuk mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan dan biaya. 

Pengadaan Perusahaan


1. Membuat Perencanaan Pengadaan Perusahaan
Kebutuhan perusahaan sangatlah penting untuk diperhatikan demi kelancaran pemenuhan tujuan yang sudah ditetapkan. Target perusahaan sesuai dengan segmennya akan tercapai bahkan terlampaui, jika semua kebutuhan operasionalnya tersedia tepat waktu dan sesuai. Oleh karena itu, perusahaan manufaktur harus merencanakan pengadaan di perusahaan.

Perencanaan ini dilakukan melalui analisa kebutuhan perusahaan seluruh aspek. Analisa kebutuhan ini sangat memudahkan kegiatan pengadaan agar sesuai dengan kebutuhan. dalam analisa ini, dibagilah kategori kebutuhan berdasarkan jenis dan jangka waktu pemenuhannya. Jadi, semuanya akan terencana dalam pengadaannya sesuai prioritas kebutuhan agar tepat waktu.

2. Mengatur Tingkat Minimum Persediaan
Persediaan sangat diperlukan bagi perusahaan manufaktur untuk menjamin kelangsungan produksinya. Berkaitan dengan hal ini, tingkat minimum persediaan harus ditetapkan agar setiap kebutuhan terpenuhi secara tepat. Cara ini tidak akan membebani dan bisa menjamin berlangsungnya produksi sesuai dengan target yang ditetapkan.

Tingkat minimum persediaan ini disesuaikan dengan jumlah produksi perusahaan manufaktur dalam kesehariannya. Jika terdapat pesanan melebihi target atau kuantitas produksi dalam waktu biasa, maka sebaiknya melebihi tingkat minimum persediaan agar dapat memproduksi barang sesuai pesanan. Pengadaan bisa dilakukan sekali jalan.

3. Mengaudit dan Mengecek Inventaris
Sistem audit sangat perlu dilakukan dalam pengadaan perusahaan agar dapat mengefisiensi biaya. Audit ini akan membantu menghitung dana yang dialokasikan untuk pengadaan. Pengauditan ini berfungsi untuk mengetahui ketepatan pemakaian dana pengadaan dengan tepat. Alokasi dana sesuai dengan kebutuhan akan mengarahkan pada ketepatan pengelolaan dana.

Hasil dari pengauditan ini akan dipakai sebagai upaya evaluasi agar pengadaan berikutnya lebih efisien atau tepat guna dalam hal dana. Perusahaan juga harus memeriksa inventaris dengan tepat agar mengetahui daftar semua barang atau aset yang dimiliki perusahaan.
Penghitungan inventaris ini dapat dilakukan secara berkala agar diketahui kebutuhan perusahaan secara tepat demi pengadaan yang sesuai. Hal ini akan mendukung ketepatan dan kelancaran pengadaan secara efisien atau tepat guna.

4. Menggunakan Sistem Online
Kesiapan suatu perusahaan setiap kali melakukan pengadaan harus terjamin. Diperlukan upaya untuk mengoptimalkan pengadaan dengan tepat sesuai skala prioritas kebutuhan. Kelancaran pengadaan juga harus diperhatikan agar tidak menghambat produksi barang di perusahaan manufaktur. Sistem pengadaan online sangat membantu melancarkan proses pengadaan.

Secara proses, pengadaan online lebih mudah dan cepat dilakukan. Mekanismenya jauh lebih mudah, sehingga menghemat waktu. Selain itu, efisiensi biaya transportasi dan percetakan juga lebih besar lewat eprocurement. Efisiensi operasional juga didukung dengan kemudahan pengurusan proses administrasi dan pemantauan kegiatan pengadaan yang lebih mudah.

5. Menjalin Kerja Sama yang Baik dengan Vendor
Kerja sama dengan vendor harus dijalin dengan baik oleh perusahaan ketika ingin mengadakan pengadaan efisien. Jalinan kerja sama ini sangat diperlukan guna melancarkan pengadaan secara spesifik. Agar lebih menjamin pengadaan dengan spesifikasi yang baik dan berkualitas, tentu saja harus memilih vendor yang sudah berpengalaman.

Perusahaan yang berdaya saing tinggi tentu adalah impian dari para pelaku bisnis. Untuk mewujudkannya, diperlukan pengadaan perusahaan yang efisien atau tepat guna. Dengan cara tersebut, dana yang dialokasikan untuk pengadaan dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan. Mbizmarket bisa membantu dengan vendor lengkap yang menyediakan variasi harga.

No comments:

Post a Comment