Thursday, February 21, 2019

Mengapa Harus Tahu Kapan Masa Subur Anda untuk Para Wanita?

Masa Subur Wanita


Sistem reproduksi yang dimiliki wanita berbeda dengan sistem reproduksi pada pria. Jika pada pria sistem reproduksinya adalah testosteron yang bisa menghasilkan sperma kapan saja, tak begitu halnya dengan sistem reproduksi wanita yaitu tuba falopi yang hanya menghasilkan sel telur di waktu tertentu saja dan sel telur tersebut masih perlu waktu hingga menjadi masak dan siap dibuahi. Karena itulah pada sistem reproduksi wanita mengenal yang namanya menstruasi.

Sel telur wanita yang dihasilkan oleh tuba falopi memerlukan waktu untuk bisa menjadi masak dan siap menerima sperma untuk terjadi pembuahan. Saat sel telur matang inilah yang disebut sebagai masa subur dimana wanita menjadi subur untuk melakukan pembuahan sehingga bisa menghasilkan embrio atau bakal janin. Diluar masa ovulasi atau waktu matangnya sel telur, wanita juga masih memiliki masa subur yaitu antara 3 hari sebelum sel telur matang sempurna dan 3 hari setelah sel telur matang sempurna.

Berbeda dengan sistem reproduksi pada pria yang menghasilkan sperma aktif kapan saja, wanita hanya memiliki masa subur di waktu-waktu tertentu saja. Di luar waktu subur wanita, meski melakukan hubungan seksual, tetap tak bisa terjadi pembuahan. Karena itulah untuk Anda yang ingin memiliki momongan, sebaiknya mengetahui kapan masa subur wanita sehingga bisa memanfaatkannya dengan maksimal melalui hubungan seksual. Hubungan seksual bisa dilakukan di masa subur tersebut sehingga kesempatan terjadinya pembuahan akan lebih besar.

Sebaliknya bagi Anda pasangan yang ingin menjarangkan kehamilan, tetap juga butuh tahu kapan masa subur wanita. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari berhubungan seksual di waktu tersebut sehingga tidak terjadi pembuahan. Namun jika memang ingin melakukan hubungan suami istri, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan pengaman seperti kondom. Perhitungan masa subur wanita ini dikenal dengan nama sistem kalender yang bisa dipakai untuk mereka yang tak ingin menggunakan pil kontrasepsi saat ingin menjarangkan kehamilan.

Untuk bisa menggunakan kalender perhitungan masa subur, wanita harus memiliki siklus menstruasi yang teratur atau sama di setiap masa periode menstruasinya. Hal ini penting karena siklus menstruasi tersebut akan digunakan sebagai perhitungan. Jika wanita memiliki siklus yang tidak teratur maka perhitungan akan menjadi lebih sulit dilakukan karena tingkat kepastiannya berkurang. Selain itu wanita yang memiliki siklus tidak teratur cenderung memiliki masalah yang bisa mengganggu kesuburannya seperti:

  • Stress.
  • Kelelahan.
  • Gangguan hormonal.
  • Adanya penyakit di organ reproduksi.
  • Dsb.
Selain untuk cara menjarangkan kehamilan tanpa alat kontrasepsi atau untuk memperbesar peluang terjadinya pembuahan, perhitungan masa subur pada wanita juga dapat Anda lakukan untuk mendeteksi apakah sudah terjadi pembuahan atau tidak. Wanita yang tiba-tiba tidak mengalami menstruasi padahal sudah masuk siklusnya, bisa jadi sudah berbadan dua sehingga bisa Anda cek secara medis untuk memastikannya.

No comments:

Post a Comment