Monday, November 6, 2023

Kemampuan Bayi 8 Bulan Bisa Apa Saja? Berikut Penjelasannya

Bayi 8 Bulan Bisa Apa

 Bayi usia 8 bulan sudah melewati masa ASI eksklusif. Si Kecil mulai mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang sedikit lebih kasar dibandingkan sebelumnya. Seiring perkembangan tersebut, ada banyak kemampuan yang sudah dimiliki. Lantas, bayi 8 bulan bisa apa saja? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda!


Kemampuan Bayi 8 Bulan Bisa Apa Saja?
Pada usia 8 bulan, berat dan panjang badan bayi sudah berkembang dengan pesat. Bayi laki-laki 8 bulan memiliki berat 6,9-9,6 kilogram, sedangkan panjangnya 70,6-72,8 cm. Sementara bayi perempuan 8 bulan memiliki berat 6,3-9 kilogram dan panjangnya 68-71,1 cm.
Selain pertumbuhan fisik, ada beberapa kemampuan yang dimiliki yaitu sebagai berikut:


1. Bisa Makan dengan Menu yang Agak Kasar
Pada awal MPASI, bayi hanya mengkonsumsi makanan yang lembut cenderung cair. Namun memasuki usia 8 bulan, Anda sudah bisa memberikan makanan yang lebih kasar. Pasalnya, pencernaannya sudah mulai siap untuk mengkonsumsinya. Bahkan Anda bisa mulai melatih kemampuan finger food atau makan dari tangannya sendiri.


2. Mulai Merangkak dan Menjelajah
Anda harus ekstra hati-hati jika memiliki bayi usia 8 bulan. Pasalnya, pada usia ini bayi sudah mulai merangkak dan menjelajah seisi rumah. Si Kecil akan merasa penasaran dengan apapun yang menarik perhatiannya. Akan lebih baik jika Anda menyediakan space atau area khusus untuk Si Kecil. 


3. Berdiri dengan Berpegangan

Bayi 8 bulan bisa apa lagi? Pada usia ini, beberapa bayi bahkan sudah bisa berdiri dengan berpegangan. Saat Anda membantunya berdiri, bayi akan menumpu beban tubuh di kakinya. Berdiri dengan berpegangan merupakan tahapan awal sebelum Si Kecil belajar melangkah dan berjalan. Pastikan keamanannya terjaga karena Si Kecil sangat mudah terjatuh.


4. Bereaksi Terhadap Ucapan Orang Lain

Memasuki usia 8 bulan, bayi sudah mulai mampu memahami perkataan sehingga memberikan reaksi terhadap ucapan orang lain. Contohnya saat Anda memberikan penjelasan akan sesuatu yang sederhana, Si Kecil mulai memahaminya. Sering-seringlah berbicara untuk meningkatkan kemampuan bahasa. 


5. Menggenggam dan Mengoper Benda
Kemampuan motorik halus bayi usia 8 bulan ditandai dengan kemampuan menggenggam dan mengoper benda. Si Kecil akan mengambil benda di dekatnya, lalu memindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya. Banyak hal lain yang dilakukan seperti memukul, meremas, melempar, menggoyangkan, hingga membenturkan benda. 


6. Memiliki Hal yang Disukai dan Tidak Disukai
Bayi usia 8 bulan mulai menunjukkan apa yang disukai dan tidak disukai. Contohnya saat memberikan makanan baru, Si Kecil bisa saja langsung menolaknya dengan ekspresi cemberut. Sebaliknya, ketika diberi makanan favoritnya, bayi akan menunjukkan ekspresi senang.


7. Mengucapkan Kata Pertama

Babbling atau ocehan bayi sudah mulai muncul saat Si Kecil berusia 4 sampai 6 bulan. Namun pada usia 8 bulan, kata-kata yang diucapkan lebih bermakna. Bahkan bayi mengerti mengenai apa yang diucapkan. Anda pasti akan semakin senang ketika mendengar kata pertamanya. Misalnya “mamam”, “dada”, dan lain sebagainya.


Demikianlah penjelasan mengenai kemampuan bayi 8 bulan bisa apa saja. Pada usia 8 bulan, Si Kecil sedang aktif untuk bereksplorasi. Pastikan memilih popok yang tidak membatasi geraknya. Popok lembut dengan permukaan lebih panjang seperti MAKUKU Dry Care merupakan pilihan terbaik.
Tidak hanya itu saja, popok ini memiliki 3 lapisan sirkulasi udara untuk meminimalisir ruam akibat popok yang lembab. Si Kecil bisa berkembang dengan maksimal saat memakainya karena desain pinggangnya elastis dan nyaman. Pastikan membeli MAKUKU Dry Care sesuai ukuran Si Kecil karena tersedia dari ukuran NB sampai dengan XL.

No comments:

Post a Comment