Monday, June 28, 2021

Emas 18 Karat Paling Ideal Untuk Perhiasan? Simak Ulasannya di Sini!

 

Emas 18 Karat

Karat pada emas menunjukkan level kemurnian dari emas tersebut. Level paling murni dari emas adalah 24 karat yang mengandung 100 persen emas. Selain 24 karat, ada pula emas 10 karat, emas 14 karat, dan emas 18 karat. Dari sekian banyak level kemurnian emas, benarkah bahwa emas 18 karat lebih ideal untuk perhiasan? Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut!


Mengenal Spesifikasi Emas 18K

Jika emas 24K memiliki 100 persen kandungan emas, maka emas 18K memiliki kandungan emas sebanyak 75 persen dengan 25 persen campuran logam lainnya. Logam yang digunakan untuk campuran ini pun bermacam-macam, ada nikel, seng, dan lain-lain. Sifat asli dari emas yaitu lembut dan halus, tapi sangat mudah tergores dan berubah bentuk.


Karena hal itulah, emas 24 karat kurang baik untuk dijadikan perhiasan. Dalam hal ini, emas 18K jauh lebih ideal karena campuran logam lain tersebut dapat menutupi kekurangan dari sifat asli emas. Ketika anda mencari perhiasan emas, umumnya anda akan disarankan untuk memilih perhiasan dengan emas 18 karat.


Mengapa Perhiasan Emas 18K Lebih Disarankan?

Perhiasan emas dengan kadar 18K umumnya lebih direkomendasikan karena lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, warna dari emasnya terlihat mewah, sehingga sangat cocok untuk acara khusus, seperti seserahan atau digunakan sebagai mahar. Dengan keunggulan tersebut, perhiasan emas 18K juga dibandrol dengan harga yang lebih mahal daripada jenis emas lain di bawahnya.


Singkatnya, emas 18K merupakan solusi tepat untuk aplikasi emas sebagai perhiasan. Tampilannya tetap mewah dan karakteristiknya lebih kuat dibandingkan emas 24 karat. Keunggulan lain dari emas 18K adalah sifatnya yang hipoalergenik, sehingga dapat menurunkan reaksi alergi secara signifikan.


Namun, emas ini masih mudah tergores meski tidak serentan emas murni. Hal ini dikarenakan kadar emasnya lebih tinggi daripada campuran logam lain. Oleh karena itu, anda perlu melakukan pelapisan lebih sering jika menggunakan perhiasan emas 18 karat. Perawatan yang baik juga perlu untuk meminimalisir goresan dan perubahan bentuk.


Perawatan yang baik dan benar akan membuat perhiasan emas yang anda miliki bisa lebih tanah lama. Hindari terkena bahan kimia terlalu sering, seperti sabun, parfum, alkohol, dan sejenisnya agar perhiasan anda tetap terlihat mewah. Anda juga bisa merendamnya dengan air hangat untuk menghilangkan bahan kimia yang menempel di perhiasan anda.


Alternatif Lain Selain Emas 18K

Tidak hanya emas 18K, 14K juga termasuk kadar emas yang umum digunakan untuk perhiasan. Emas 14 karat bisa menjadi alternatif pilihan selain emas 18K karena memiliki beberapa keunggulan yang layak diperhitungkan. Emas 14 karat mengandung 58 persen emas murni dan sisanya merupakan logam campuran.


Karena kadar emasnya lebih sedikit dari 18 karat, perhiasan emas 14 karat memiliki ketahanan yang lebih baik. Hal ini membuatnya tidak mudah tergores atau berubah bentuk. Oleh sebab itu, anda tidak perlu melakukan pelapisan ulang sesering perhiasan emas 18 karat.


Disamping itu, harga yang dibandrol untuk emas 14K juga lebih murah, sehingga sangat cocok untuk budget terbatas. Emas dengan kadar 14 karat jauh lebih mudah untuk diubah menjadi emas putih karena kadar emasnya yang sedikit. Sangat direkomendasikan jika anda menginginkan emas putih.


Emas adalah logam mulia yang sering dijadikan sebagai perhiasan, baik itu cincin, kalung, anting, gelang, dan lain-lain. Emas 18K dan 14K merupakan jenis emas yang bisa anda pilih ketika mencari perhiasan. Anda bisa sesuaikan dengan selera dan budget yang anda persiapkan.

No comments:

Post a Comment