Wednesday, January 22, 2020

Keliling Indonesia dengan KAI

Kereta Api

Ingin mencoba keliling indonesia dengan kai? Moda transportasi kereta api adalah moda transportasi favorit, terutama saat liburan tiba, pasti langsung ludes tiketnya. Jangan harapkan untuk bisa membelinya pada hari H nya, meski membeli secara langsung pun belum tentu bisa dapat. Tipsnya adalah membeli tiket kereta api sejak jauh-jauh hari seawal mungkin. Jadi begitu pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia) mulai menjual tiketnya, biasanya sejak H minus 30, artinya tiket sudah bisa dibeli sejak 30 hari sebelum tanggal keberangkatan, sebelumnya pernah H - 90 namun sekarang yang berlaku adalah H – 30. Kemudian juga tiket kereta api akan lebih mudah untuk dibeli dengan secara online lewat Traveloka yang telah menjalin kerjasama dan menjadi partner PT KAI, selain tidak perlu mengantri, juga sering ada potongan harga promo diskon, kupon atau cashback, jadi akan lebih menguntungkan selain juga lebih mudah dan cepat. Cara pembayarannya juga beragam.

Penyebab Moda Transportasi Kereta Api Menjadi Favorit
Berikut ini adalah beberapa hal mengapa moda transportasi kereta api tersebut banyak diminati dan selalu sold out tiketnya. Tak hanya pada saat liburan panjang, namun juga, pada saat weekend di akhir pekan biasa saja sudah bisa sangat sulit mendapatkan tiket kereta untuk keberangkatan tiap hari Jumat sore dan tiket kereta api untuk kepulangan tiap hari Minggu sore. Terutama untuk rute di kota-kota favorit seperti untuk rute Jakarta Yogyakarta di tiap hari Jumat sore, dan untuk rute sebaliknya, Yogyakarta Jakarta tiap hari Minggu sore, ataupun rute Jakarta Solo dan sebaliknya  juga untuk rute Jakarta Surabaya dan sebaliknya dan lain sebagainya. 

Moda Transportasi Kereta Api Relatif Aman
Moda transportasi kereta api ini menjadi favorit dan banyak diminati karena termasuk sebagai moda transportasi yang aman, bahkan dapat disebut sebagai jenis moda transportasi yang paling aman di negeri ini, dengan tingkat kecelakaan yang paling kecil jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, yakni seperti jika melakukan jalan darat dengan kendaraan umum bis atau mobil travel ataupun jika mengendarai kendaraan pribadi seperti dengan menggunakan mobil pribadi ataupun sepeda motor dan lain sebagainya. Demikian pula dengan jika melakukan perjalanan jalur udara dengan menggunakan pesawat, dan juga jika lewat jalur laut dengan menggunakan kapal laut. Bisa dilihat bahwa tingkat kecelakaan kereta api adalah yang paling rendah, sehingga orang akan merasa lebih aman jika berpergian dengan menggunakan moda kereta api kemanapun tujuan kotanya di seluruh Indonesia ini. Hanya sayangnya belum seluruh kota bisa terlayani dengan moda transportasi kereta api ini, padahal kereta api adalah kendaraan massal yang paling ideal untuk bisa mengangkut orang dalam jumlah yang banyak untuk sekali angkut sekaligus satu waktu dan bisa dalam biaya yang lebih murah dan terjangkau. Sangat diharapkan akan adanya penambahan rel dan jumlah kereta ke depannya di seluruh Indonesia ini agar bisa lebih banyak area yang bisa terlayani dan menikmati perjalanan dengan kereta api ini.

Harga yang Lebih Terjangkau
Selain faktor safety atau keamanannya, maka faktor harga juga menjadi pertimbangan dan turut mempengaruhi mengapa tiket kereta api ini begitu banyak diminati. Harga tiket kereta api yang lebih murah daripada tiket pesawat dan cukup bersaing dengan tiket bis ataupun kendaraan transportasi umum lainnya membuat tiket kereta api tersebut menjadi primadona, dan bahkan sering banyak calon penumpang yang kecewa akibat kehabisan tiket kereta api. Bahkan jika hendak mau membeli lewat calo pun pada jadwal keberangkatan maupun kepulangan di hari-hari tertentu tak bisa didapatkan, selain juga sudah naik berlipat kali harganya jika membeli lewat calo, bahkan kadang bisa lebih mahal dari harga tiket pesawat, dan adanya risiko mendapat tiket palsu jika membeli tiket kereta api lewat calo. Cara membeli tiket kereta api yang terpercaya dan mudah, cepat serta murah adalah lewat pembelian secara online, bisa lewat aplikasi Traveloka ataupun melalui situs webnya, yang juga bisa dibuka di PC (Personal Computer) desktop ataupun laptop, atau lewat mobile phone.

Selain itu melakukan perjalanan dengan kereta api juga nyaman dan menyenangkan. Bisa menyaksikan pemandangan di kanan dan kiri sepanjang perjalanan. Jika melakukan perjalanan dengan kereta api pada saat malam hari juga bisa dimanfaatkan waktunya untuk beristirahat tidur, sehingga bisa fresh dan bugar keesokan harinya pada saat sudah tiba di stasiun tujuan. Tidur di kereta api cukup aman dan jika memilih tiket kereta api yang stasiun akhirnya adalah merupakan juga stasiun tujuan maka tidak perlu khawatir akan terlewat turun pada saat tidur di kereta, bisa juga memesan kepada petugas di kereta api agar minta dibangunkan pada saat kereta api telah tiba di stasiun tujuan. Akan ada pengumuman juga di tiap gerbong pada saat kereta api yang ditumpangi tiba di stasiun kereta api tertentu. Jangan lupa rencanakan jadwal perjalanan seawal mungkin, agar tidak kehabisan tiket kereta api.

1 comment: