Wednesday, September 12, 2018

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Belakang


Kesehatan tulang belakang seringkali menjadi sesuatu yang diabaikan bahkan dianggap tidak terlalu penting. Padahal apabila tulang belakang ini mengalami masalah, maka akan banyak sekali gangguan hingga gejala kesehatan yang dirasakan. Tidak perlu juga dengan mengandalkan berbagai obat kimia yang berbahaya. Cukup dengan berkonsultasi dengan dr. Wong Chung Chek dan lakukan tips sederhana menjaga tulang belakang seperti ini. 

Tulang Belakang

1. Usahakan Untuk Istirahat Terbaik
Tips sederhana pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengusahakan untuk mendapatkan istirahat yang terbaik. Bagaimana caranya? Caranya tidak lain adalah dengan memaksimalkan waktu tidur untuk mengistirahatkan tulang punggung Anda. Hal ini bisa dicapai dengan memilih kasur hingga bantal yang menunjang. Pastikan dua benda tersebut memang nyaman bagi Anda.

2. Pilih Sepatu yang Tepat
Memilih sepatu yang tepat nyatanya juga menjadi bagian tidak terpisahkan untuk bisa menjaga kesehatan tulang belakang Anda. Bukannya tanpa alasan karena sepatu yang baik akan mampu memberikan alas yang mendukung tulang belakang dan tubuh tetap selaras. Apabila tulang belakang dan tubuh selalu selaras maka gangguan tulang belakang bisa dihindari.

Untuk itulah, penting sekali dalam memilih sepatu yang dapat melakukan hal tersebut. Hal itu dapat dilihat dari bagian sepatu yang pas sekaligus nyaman pada tumit kaki Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa sepatu tersebut tidak terlalu ketat. Kondisi tersebut untuk mencegah posisi kaki yang tidak bergerak dan leluasa dalam waktu yang lama.

3. Lakukan Pijat
Kesalahan banyak orang selama ini adalah dengan melakukan pijat apabila tubuh sudah terasa sakit saja. Padahal melakukan pijat sebelum tubuh terasa sakit bisa dijadikan langkah pencegahan untuk masalah tulang belakang. Soalnya pijat yang baik akan mampu membantu endorfin dalam tubuh untuk bisa meningkat dan memberikan manfaatnya pada Anda.

Bagi yang belum tahu, endorfin ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh secara alami. Selain itu, proses penyembuhan terhadap rasa sakit juga menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Namun apabila Anda memiliki gangguan masalah tulang belakang yang serius maka disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli tulang belakang, dr. Wong Chung Chek yang profesional.

4. Jangan Duduk Terlalu Lama
Tips sederhana yang terakhir adalah dengan menghindari posisi duduk yang terlalu lama. Soalnya posisi duduk ini memberikan beban tiga kali lebih berat pada tulang punggung dibandingkan posisi yang lain. Jadi meskipun Anda harus berada di posisi duduk dalam waktu lama maka harus diselingi dengan berjalan atau berdiri. Terutama dengan berjalan-jalan kecil.

Jadi bisa dibilang, menjaga kesehatan tulang belakang bukanlah sesuatu yang sulit untuk bisa dilakukan. Namun apabila Anda  sudah terlanjur memiliki masalah tulang belakang yang serius maka jangan didiamkan begitu saja. Segera lakukan konsultasi pada dokter spesialis tulang belakang untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang terbaik.

No comments:

Post a Comment