Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Monday, October 23, 2017

Manfaat Dan Tujuan Dari Analisis Keuangan Finansial

10:31 AM Posted by Ayead Gaptek No comments
jika sebelumnya sudah dibahas dengan gambling pengertian dari analisis keuangan finansial, kini kita akan membahas tentang manfaat dan tujuannya. Dalam pembahasan ini akan menitikberatkan pada poin-poin penting dari dua pembahasan tersebut.

Manfaat analisis keuangan finansial
            Jika sebuah perusahaan melakukan analisi keuangan yang dilakukan oleh seorang ahli keuangan maka akan ada beberapa manfaat yang mereka terima. Diantara manfaat nya adalah sebagai  berikut
1.      Akan terjalin hubungan keuangan antara dua perusahaan. Sehingga jika ditemukan sebuah masalah, manajer dapat dengan cepat mengambil keputusan yang tepat
2.      Perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan yang ada di dalam perusahaan pada suatu periode tertentu
3.      Untuk mengetahi lebih cepat dan tepat kekurangan sebuah perusahaan khususnya kekurangan di bidang keuangan
4.      Mengukur kekuatan perusahaan dalam kancah persaingan ekonomi dengan perusahaan lain
5.      Untuk meneliti ulang data-data keuangan yang sudah ada. Sehingga jika terjadi kesalahan akan ditemukan dengan cepat. 

Infobanknews Analisis Keuangan Finansial


Tujuan Analisis Keuangan Financial
           Selain adanya manfaat yang terkandung dalam kegiatan analisis keuangan financial, kegiatan crosscek data keuangan ini juga memiliki tujuan yang tidak kalah pentingnya.
1.      Forcasting artinya analisis keuangan digunakan untuk meramalkan suatu kondisi keungan sebuah perusahaan untuk waktu waktu yang akan datang
2.      Screening artinya menganalisis keuangan bertujuan untuk memilih suatu kemungkinan untuk melakukan investasi ataupun marger
3.      Evaluation artinya dilakukan untuk menilai suatu prestasi manajemen, operasional dan efisiensi suatu perusahaan.
4.      Diagnosis artinya mengantisipasinya kemungkinan masalah yang akan terjadi di masa depan baik itu masalah di dalam manajemen keuangan, manajemen operasi ataupun yang lainnya.
5.      Understanding artinya informasi keuangan yang masih berupa data mentah akan lebih mudah untuk dimengerti secara luas dan dalam.


           Demikian sekilas tentang manfaat dan tujuan dari dilakukannya analisis kondisi ekonomi Indonesia terkini. Jika Anda memiliki perusahaan, ada baiknya jika melakukan analisis keuangan secara berkala. Hal ini bertujuan agar situasi keuangan perusahaan Anda dapat dikendalikan.

0 comments:

Post a Comment