Thursday, June 28, 2018

Perusahaan Sukanto Tanoto Mempelopori Raihan Sertifikat PEFC di Indonesia

Program untuk Persetujuan Sertifikat Kehutanan atau biasa disingkat dengan PEFC adalah sebuah sistem sertifikasi kehutanan yang terkemuka di dunia dengan standar akurat dan diakui secara global yang bekerja sebagai mekanisme untuk memverifikasi serta meningkatkan pengelolaan hutan lestari dan produk kayu dihasilkan secara berkelanjutan. Selain itu juga, PEFC juga merupakan sebuah organisasi internasional, non-profit dan non-pemerintah yang memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga yang independen untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan.  

Sukanto Tanoto

Pada bulan Desember 2014, APRIL grup menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan berdasarkan Program untuk Persetujuan Sertifikasi Kehutanan (PEFC) bersama dengan mitranya Indonesia yaitu kerjasama Sertifikasi Hutan Indonesia (IFCC). Di sisi lain, APRIL grup juga merupakan perusahaan kehutanan Indonesia pertama yang menerima sertifikasi tersebut. PEFC sendiri adalah sebuah sistem sertifikasi kehutanan yang terkemuka di dunia dengan standar yang akurat, juga diakui secara global yang bekerja sebagai mekanisme untuk memverifikasi dan meningkatkan pengelolaan hutan lestari dan produk kayu dihasilkan secara berkelanjutan. 

Sebelumnya, pada tahun 2010 operasional manufaktur APRIL grup juga menerima sertifikasi Chain of Custody PEFC yang menjamin bahwa semua bahan baku yang masuk ke pabrik berasal dari sumber-sumber yang tidak kontroversial. Dengan kedua sertifikasi tersebut melambangkan bahwa April grup patut diakui dan bersertifikat PEFC di seluruh rantai pasokannya. 

APRIL grup mengungkapkan bahwa dengan adanya sertifikasi dapat menjadi sebuah alat atau sistem untuk perbaikan yang berkelanjutan serta produk dan jaminan proses bagi para pemangku kepentingan baik dari konsumen, bankir, sampai pemerintah. Hingga saat ini, mereka memiliki beragam portfolio sertifikasi nasional dan internasional yang memberikan jaminan menyeluruh (end-to-end). Hal itu diukur dari efisiensi, kualitas, dan keberlanjutan operasional pabrik, dan perkebunan yang menentukan kualitas produk akhir mereka. 

Selain itu, dengan adanya sertifikasi dari PEFC ini, produk pulp dan kertas milik APRIL grup bersumber dari hutan-hutan yang dikelola secara berkelanjutan dan menggunakan bahan-bahan yang diawasi. PEFC memastikan bahwa hutan-hutan dikelola dengan mengutamakan aspek lingkungan sosial dan ekonomi. Hal ini menjadi sebuah mekanisme yang terverifikasi untuk melacak kayu dari proses pemasokan hingga barang jadi. Tidak hanya itu, dengan adanya PEFC mencatat bahwa dua pertiga hutan di dunia telah dikendalikan oleh sistem sertifikasi produk-produk kehutanan. 

Dengan adanya sertifikat PEFC, konsumen di seluruh dunia untuk memilih produk kayu yang bersumber dari hutan tanaman yang dikelola secara berkelanjutan yang telah terverifikasi berdasarkan Standar Berkelanjutan PEFC. Dan juga, pada label pada produk menunjukan bukti bahwa APRIL grup bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial lebih dari sepertiga konsumen sangat memperhatikan label ini dan sebagai sertifikasi yang diakui secara global, klien dan pihak-pihak terkait bisnis akan percaya asal dari sumber daya yang digunakan, serta penggunaan produk APRIL grup yang bersertifikat PEFC adalah sebagai bentuk nyata komitmen perusahaan anda dalam melestarikan lingkungan. Dan itulah perusahaan Sukanto Tanoto mempelopori raihan Sertifikat PEFC di Indonesia.

No comments:

Post a Comment