Tuesday, May 22, 2018

3 Perkara yang Akan Membuat Anda Rugi


Kehidupan sosial merupakan siklus kehidupan nyata yang seharusnya memang Anda jalani. Pada kehidupan nyata, seseorang dituntut untuk menjadi pribadi yang memiliki nilai toleransi tinggi seperti tindakan simpel namun sangat bermakna yaitu, memberikan tempat duduk untuk orang yang membutuhkan di fasilitas umum. Jika Anda merasakan hal seperti berikut ini, sebaiknya segeralah mengubahnya. 

Toleransi

1. Mengabaikan yang Membutuhkan
Pernahkah merasakan ketika ada seseorang yang membutuhkan sesuatu, namun Anda hanya melihatnya tanpa melakukan tindakan. Jangan-jangan Anda sudah mulai kehilangan dunia nyata. Lebih baik Anda mengubahnya dengan cara lebih terfokus dengan apa yang ada di sekitar.

2. Mengabaikan Kegiatan Sosial
Biasanya dalam lingkungan sekitar banyak kegiatan yang mengharuskan semua orang ikut melakukannya seperti bergotong royong, mengantarkan tetangga yang sakit, atau hanya sekedar membersihkan lingkungan sekitar. Tanpa Anda sadari semua kegiatan itu akan berdampak baik jika dilakukan secara terus menerus. Namun, jika Anda mengabaikan kegiatan sosial seperti itu, jangan mengharapkan seseorang akan membantu di saat Anda sedang membutuhkan. Oleh sebab itu cobalah untuk membuka mata dan telinga di lingkungan sekitar.

Jika masih bingung harus mulai darimana, cobalah dari membantu kegiatan yang ada di tempat ibadah sekitar anda. Seperti yang ada di gkdi.org

3. Mengabaikan Dunia Sekitar
Hal yang satu ini dapat terjadi jika Anda selalu terpaku pada satu titik saja yaitu dunia maya. Cobalah untuk merasakan dan merespon dunia nyata dengan sewajarnya seperti misalnya, sering sekali dalam transportasi umum semua orang memegang ponsel mereka dengan sangat serius. Tapi mereka tidak melihat bahwa ada orang yang membutuhkan tempat duduk yang Anda duduki. Alhasil orang tersebut harus menahan diri untuk duduk sebab tidak ada yang peduli dengannya. Selain itu kebanyakan dari mereka akan berpura-pura terlelap tidur hanya untuk mempertahankan tempat nyaman tersebut. Padahal disekitar mereka banyak yang lebih membutuhkan. Sebuah peringatan sudah tidak lagi dapat mengindahkan pemikiran dan hati mereka.

Itulah beberapa hal yang tanpa mereka sadari telah sering dilakukan. Untuk itu, jika Anda merasakan hal seperti di atas sebaiknya segeralah berubah untuk kebaikan diri Anda sendiri. Cobalah untuk membuka mata, hati, dan telinga pada dunia sekitar. Tidak ada salahnya untuk berbagi perhatian kepada mereka seperti perilaku sederhana dengan saling tegur dan sapa, kemudian memperhatikan keadaan di sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment