Saturday, February 17, 2018

Makanan Yang Cocok Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil Muda

Kehadiran buah hati didalam rahim seorang ibu tentu merupakan anugrah yang patut disyukuri, terutama bagi pasangan yang baru saja menikah, selain membawa kegembiraan, kehadiran si kecil akan semakin mempererat tali ikatan cinta antara suami istri.

Pada usia kehamilan yang masih muda, terutama untuk pengantin baru biasanya akan menebak-nebak makanan apa saja yang cocok agar si jabang bayi yang masih dalam kandungan bisa terus sehat, hal ini benar, memang ada makanan yang bagus untuk di konsumsi dan beberapa harus dihindari.

Pada ibu yang hamil muda terutama pada trimester pertama biasanya akan merasakan mual, muntah, hingga kehilangan nafsu makan, namun sebaiknya kehilangan nafsu makan ini jangan sampai berlarut-larut karena akan berakibat pada bayi yang di kandung. Harus memenuhi kebutuhan janin bukan berarti si ibu di wajibkan memakan makanan yang banyak, tapi kualitas makananlah yang harus diperhatikan.

Kualitas makanan ini harus di konsumsi sesuai dengan usia kandungan, dan pada artikel kali ini kami akan berbagi tips beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk ibu yang hamil muda :

Sereal

Mual dan muntah pada pagi hari seringkali menjadi halangan bagi ibu yang sedang hamil muda, hal ini bisa disiasati dengan mengonsumsi sereal. Sereal selain memiliki berbagai variasi rasa, didalamnya juga terdapat berbagai mineral yang bagus untuk tubuh seperti vitamin B, karbohidrat, dan kalsium. Selain itu ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah mangga untuk mengatasi mual-mual pada pagi hari.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sudah dikenal lama mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup kaya, pada trimester pertama kehamilan kandungan vitamin C akan diperlukan untuk menambah kekebalan dan memerangi infeksi. Selain itu kandungan zat besi yang terkandung dalam beberapa sayuran juga dapa mencegah anemia, selain itu zat besi juga dapat meningkatkan hemoglobin dan memberi energi.

Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk ibu hamil, seperti buah alpukat yang mengandung asam folat yang memang diperlukan untuk perkembangan janin terutama pada masa kehamilan, yaitu untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Produk Susu

Susu mengandung berbagai zat dan Vitamin Untuk Ibu Hamil, salah satu manfaatnya adalah mendukung tumbuhnya jaringan baru pada bayi, selain itu susu juga bisa memperbaiki jaringan yang rusak hingga pembentukan otot dan transportasi oksigen ke janin. Disarankan untuk mengonsumsi susu yang memang diperuntukan untuk ibu hamil.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan yang bagus untuk ibu hamil, ada beberapa zat yang memang diperlukan di dalamnya seperti asam folat dan vitamin B yang bertanggung jawa untuk mengembangkan sistem saraf pada bayi, sekalin itu energi dan fungsi kekebalan tubuhnya juga diperlukan oeleh ibu muda.

Ikan

Kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan sangat bagus untuk membantu pembentukan otak janin, tapi Anda juga harus berhati-hati karena ada ikan tertentu yang mengandung merkuri karena bisa mengganggu perkembangan janin. Selain itu hindari mengkonsumsi ikan mentah, karena dapat membuat kadar lemak jenuh dalam tubuh meningkat.

Pada dasarnya, makanan untuk ibu hamil harus memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna, jadi ada karbohidrat, sayuran, buah, protein dan produk susu, selain itu disarankan porsi sayur dan buah-buahannya lebih banyak dibandingkan karbohidrat.

Selain dengan mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terutama jika mual dan muntah pada pagi hari benar-benar mengganggu nafsu makan.

No comments:

Post a Comment