Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Saturday, October 14, 2017

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menyewa Rumah

7:55 AM Posted by Ayead Gaptek No comments
Rumah Disewakan

Anda mahasiswa baru, magang, atau sedang menjalani masa KKN? Tempat tinggal tentu menjadi sebuah kebutuhan urgent bagi Anda, terkecuali ada masyarakat atau kepala desa yang bersedia menawarkan tempat tinggal gratis untuk Anda yang sedang KKN di desa mereka. Sedangkan yang lainnya, dengan mencari iklan rumah disewakan, akan ada banyak rumah yang dapat disewa dalam hitungan bulan atau tahun. 

Jika Anda adalah tipe orang supel dan menyukai keramaian, lebih baik memilik rumah kontrakan daripada sekadar kos-kosan. Selain dapat memperluas relasi Anda, rumah kontrakan yang disewakan pun biasanya memiliki kelebihan dari segi fasilitas, seperti ruang TV, dapur, mushala, dan lainnya yang membawa Anda pada sensai homie. Namun sebelum Anda memutuskan pilihan tempat menyewa rumah, pertimbangkan 7 hal berikut.

Lokasi Rumah Sewa
Langkah pertama adalah mencari hunian yang ingin Anda sewa berdasarkan lokasinya. Lokasi ini sangat penting untuk dipertimbangkan, karena Anda harus mendapatkan akses dari segala tempat seperti tempat kerja, tempat ibadah, kantor, rumah sakit, sekolah, pasar, sarana hiburan, dan lain-lain. Hal ini ditujukan agar Anda mudah dalam melakukan segala aktivitas.

Perhitungkan juga pengeluaran untuk transportasi jika lokasi rumah sewa agak jauh dari tempatmu beraktivitas. Bandingkan untuk memilih yang lebih hemat, apakah sebaiknya menyewa rumah dengan harga murah tetapi lokasinya jauh, atau harga sewa lebih mahal tetapi lokasinya dekat sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Tentukan Anggaran
Hal terpenting kedua adalah komitmen dalam membayar sewa. Keuangan tidak bisa dibiarkan berjalan begitu saja jika Anda tidak ingin mengalami yang namanya keteteran dalam proses pembayaran sewa rumah perbulan nantinya. Jika Anda menyewa sebuah rumah, maka Anda harus menyadari bahwa akan ada anggaran bulanan selain sekedar untuk makan.

Dengan kata lain, Anda harus estimasikan biaya yang akan dikeluarkan setiap bulan, seperti biaya sewa, penggunaan listrik, air, sampah, iuran kebersihan, keamanan, dan biaya-biaya lainnya. Semakin cepat Anda mengetahui biaya yang harus dibayar, pertimbangan pun semakin cepat dibuat. Anda dapat menanyakan hal ini kepada pemilik rumah atau penyewa rumah sebelumnya.

Tingkat Kenyamanan
Lingkungan yang baik akan menambah kenyamanan Anda tinggal di tempat baru. Di mana pun Anda menyewa rumah, ingatlah bahwa nanti akan menjadi bagian dari lingkungan baru tersebut. Kompleks perumahan, apartemen, rusunawa, bahkan kos-kosan akan menjadi ‘rumah’ baru Anda. Kenyamanan dan keamanan tempat tinggal juga tidak boleh diabaikan.
Jangan mengandalkan informasi dari internet dan datanglah ke lokasi, amati dan banyak-banyaklah bertanya kepada warga sekitar mengenai keamanan, kebersihan, dan peraturan-peraturan yang berlaku. Cari tahu tentang fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik properti. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, maka Anda bisa tinggal dengan nyaman seperti ketersediaan listrik, pemanas air, AC, TV, dan lainnya.

Cek Kondisi Fisik Rumah dan Kerusakannya
Cek kondisi fisik rumah yang Anda sewa dengan saksama lalu ambil foto kerusakan yang sudah ada di dalam rumah sebelum Anda pindah untuk kemudian disampaikan pada pemilik rumah sewa sehingga bisa segera diperbaiki. Anda pun tidak akan disangka sebagai penyebab kerusaan tersebut. Periksa kondisi rumah dengan seksama, seperti dinding, atap, lantai, saluran air, pintu, jendela, aliran listrik, dan lain-lain.

Pemeriksaan kondisi fisik rumah membantu Anda untuk berhati-hati terhadap perawatannya. Anda bisa menghindari spot-spot yang tidak boleh disentuh sesuai arahan pemilik. Jika diizinkan oleh pemilik sewa, Anda bisa menambah furnitur atau hiasan dinding untuk menambah estetika interior rumah sewa Anda, seperti memasang paku dan hal-hal yang bisa sedikit mengubah fisik rumah yang Anda sewa.

Perjanjian Sewa
Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah perjanjian sewa dari rumah disewakan pilihan Anda. Sebelum menandatangani perjanjian, baca kembali dengan teliti agar Anda dan pemilik memahami penuh isinya. Perjanjian sewa ini merupakan faktor yang paling penting saat menyewa properti. Perjanjian sewa biasanya berisi hak dan kewajiban masing-masing pihak, yaitu penyewa dan pemilik.

Perjanjian sewa juga berisi rincian seperti jumlah uang sewa yang harus dibayar, jangka waktu sewa, pembayaran untuk perbaikan terhadap kerusakan, peningkatan atau penambahan waktu sewa, pembatalan sewa di tengah perjanjian, dan sanksi-sanksi terhadap pelanggaran perjanjian sewa. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan bermaterai agar perjanjian memiliki kekuatan hukum.


Nah, itu dia hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menyewa rumah untuk dijadikan kontrakan. Anda bis mencari informasi rumah disewakan bersama mahasiswa lainnya. Namun ada yang harus diingat, yaitu menjaga kontrakan selayaknya di rumah sendiri. Buat jadwal besih-bersih atau semcamnya kemudian dirembugkan dengan penghuni lainnya. Ikatan kebersamaan kalian pun bis lebih terjalin kuat. Selamat berburu kontrakan!

0 comments:

Post a Comment