Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Wednesday, August 16, 2017

Keuntungan Tabungan Kurban untuk Memudahkan Niat Berkurban

10:07 AM Posted by Ayead Gaptek No comments
Tabungan Kurban

Kurban adalah salah satu ibadah yang harus dilaksanakan umat Islam setiap bulan Dzulhijjah. Umat Islam melakukan kurban dengan menyembelih hewan ternak seperti kerbau, sapi, kambing, atau unta. Tidak sembarang hewan ternak yang bisa dikurbankan. Hewan ternak yang bisa dikurbankan harus dalam memenuhi syarat usia, sehat, dan tidak cacat. Tabungan kurban adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membeli hewan kurban yang harganya semakin mahal. Pada dasarnya tabungan ini tidak berbeda dengan jenis tabungan lain. Pemegang tabungan menyisihkan pendapatannya untuk membeli hewan kurban.

Program tabungan kurban sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat dari kelas menengah ke bawah yang merasa berat membeli hewan kurban secara tunai. Program ini mewujudkan mimpi orang-orang yang sebelumnya mustahil membeli hewan kurban. Program ini membantu menyempurnakan ibadah kurban seluruh umat Islam. 

Selain itu, membeli hewan kurban melalui program tabungan terasa lebih ringan. Mereka tidak perlu mengeluarkan uang tunai jutaan Rupiah untuk membeli hewan kurban. Hewan kurban bisa dibeli dengan menyisihkan pendapatan beberapa ratus ribu Rupiah dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tabungan ini bisa dicairkan untuk membeli hewan kurban bervariasi. Ada yang satu tahun bisa membeli hewan kurban. Ada pula yang butuh waktu tiga tahun untuk membeli hewan kurban. Perbedaan jangka waktu menabung akan mempengaruhi besarnya setoran tabungan setiap bulan. Semakin singkat jangka waktunya, semakin besar nominal setoran tabungan. Di sisi lain, semakin lama jangka waktunya, semakin sedikit nominal setoran tabungan.

Tidak perlu bingung mencari lembaga mana yang menyediakan program menabung untuk membeli hewan kurban. Lembaga keuangan yang berbasis syariah menyediakan layanan tabungan untuk membeli hewan kurban. Ada juga lembaga yang khusus untuk menangani kurban seperti Global Qurban. Lembaga seperti Global Qurban memberikan berbagai layanan terkait dengan kurban seperti melayani pembelian hewan kurban secara tunai atau kredit melalui tabungan kurban sampai mengurus proses penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban. 

Walau program kurban dengan cara menabung memudahkan umat Islam yang ingin berkurban, masih ada yang ragu dengan program ini karena takut terjebak riba. Padahal sama sekali tidak ada praktek riba melalui program menabung untuk membeli hewan kurban karena lembaga yang mengelola tabungan untuk kurban berbasis syariah. Uang yang disetorkan setiap bulan jumlahnya akan tetap sama hingga akhir. Tidak ada pemotongan saldo tabungan kurban setiap bulan untuk biaya administrasi. Untuk mengikuti program menabung untuk membeli hewan kurban di Global Qurban bisa dilakukan di bank yang bermitra dengan Global Qurban seperti Bank BNI Syariah. Calon peserta tabungan membawa persyaratan yang mudah yaitu kartu identitas dan uang setoran dengan jumlah minimal Rp 50.000,- saja.

0 comments:

Post a Comment