Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Saturday, June 17, 2017

Tips cerdas membuat rumah kecil Anda terasa luas

4:17 PM Posted by Ayead Gaptek No comments
Rumah Kecil Jadi Luas

Rumah yang sempit tentu sangat membuat frustasi, terutama jika keluarga Anda memiliki banyak anggota. Ketika datang hari libur, keinginan Anda untuk dapat berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga akan terhambat masalah ruang tamu yang sempit. Begitu pun juga ketika buah hati Anda sedang dalam tahap belajar berjalan, keadaan rumah yang kecil dan sempit tentu akan membuat Anda khawatir akan keamanan bayi Anda. Begitu banyak masalah yang dapat ditimbulkan rumah berukuran kecil, namun dengan sedikit modifikasi interior, rumah mungil Anda takkan lagi terasa sempit dan terkesan ”penuh”. Hal apa saja sih yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan kesan luas dan nyaman di hunian Anda? Berikut kami merangkumnya untuk Anda.

1. Rancang kebutuhan ruangan
Cara paling umum untuk menyiasati rumah berukuran yang tidak terlalu besar adalah dengan membuatnya bertingkat. Hal ini cukup bisa diandalkan, mengingat kurangnya lahan horizontal dan melimpahnya lahan vertikal. Baik bangunan satu maupun lebih dari satu tingkat, keduanya memerlukan perencanaan yang matang mengenai kebutuhan ruangan. Catat ruangan-ruangan apa yang Anda perlukan dalam sebuah hunian, lalu buat layout atau denah pembagian ruangan sesuai dengan luas bangunan Anda. Perencanaan kebutuhan ruangan yang baik akan sangat dibutuhkan untuk meminimalisir penyekatan ruangan yang tidak perlu. Penyekatan ruangan disarankan untuk ditekan seminimal mungkin karena dinding sekat ruangan memakan cukup banyak tempat dan bisa membuat keadaan rumah terkesan semakin sempit. Dengan merencanakan kebutuhan ruangan untuk hunian Anda, Anda bisa lebih matang membuat layout rumah dengan memanfaatkan ruangan-ruangan yang terbuka antar satu sama lain. Misalnya di daftar rencana Anda, Anda menulis ruang makan dan dapur, untuk membuat hunian terlihat lapang, Anda dapat menggabungkan kedua kebutuhan ruangan tersebut menjadi satu ruangan besar. Anda pun juga bisa menggunakan kitchen countertops sebagai meja makan untuk alternatif lain dalam menghemat ruang.

2. Konsultasikan dengan ahli desain
Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan layout dan desain baik interior maupun eksterior dalam membangun ataupun merenovasi rumah Anda, baiknya Anda memakai jasa desain interior. Anda dapat mengkonsultasikan segala keinginan Anda dengan ahli desain tersebut. Anda hanya perlu menyebutkan keinginan dan kebutuhan Anda, beserta bujet, dan kondisi-kondisi tertentu, kemudian sang ahli desain akan merekomendasikan alternatif-alternatif untuk proyek konstruksi maupun renovasi rumah Anda. Jasa desain interior ini dinilai cukup penting dan signifikan dalam proses melahirkan hunian dengan tingkat kenyamanan maksimal. Meskipun begitu, step ini sering sekali dilewati oleh kebanyakan orang Indonesia karena sebagian orang tidak bersedia untuk mengeluarkan uang untuk “hanya” sebuah konsultasi. Padahal, perencanaan desain interior yang matang akan sepadan dengan kemudahan yang Anda dapat dalam membangun atau merenovasi rumah, dan juga sangat membuat sangat bermanfaat untuk membuat rumah Anda terasa nyaman untuk ditinggali.

3. Buang barang yang tidak perlu
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah Anda terasa lebih lapang adalah dengan menyortir dan membuang barang-barang usang, seperti koran bekas, tumpukan kardus, tas, furnitur, dan baju-baju yang sudah tak lagi Anda pakai. Terkadang ketika Anda membersihkan lemari baju, rak sepatu, atau lemari tas, barang-barang yang tidak lagi sering digunakan akan dipisahkan ke dalam kardus atau kontainer, dan diletakkan begitu saja. Tumpukan-tumpukan barang yang sudah tak terpakai ini selain akan memakan tempat, juga menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Daripada hanya ditumpuk begitu saja, akan lebih baik jika barang-barang itu dijual ke tukang loak, dijual di garage sale, disumbangkan, atau sekadar dibuang saja. 

4. Gunakan warna cerah
Pemilihan warna ruangan yang tepat juga bisa membuat kesan ruangan yang lebih luas, lho. Cat atau gunakan wallpaper dinding dengan warna yang cerah, atau pucat. Penggunaan warna-warna cerah seperti warna putih dan warna-warna pastel dapat membuat ruangan Anda terasa lebih luas dibandingkan dengan penggunaan warna-warna gelap. Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan kombinasi beberapa warna cerah untuk lebih memberi aksen pada hunian Anda.

5. Jadilah kreatif
Ragam polos yang menjadi preferensi rumah berukuran kecil tidak akan berakhir monoton di tangan kreatif Anda. Tidak ada formulasi tepat untuk menciptakan keunikan untuk rumah Anda, biarkan imajinasi Anda bermain sebebas-bebasnya.

6. Jendela
Pasang jendela berukuran besar untuk membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terbuka. Penggunaan jendela yang besar juga memungkinkan lebih banyak sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah dan meminimalisir penggunaan energi listrik. 

7. Dekorasi ruangan
Gunakan seminimal mungkin dekorasi ruangan. Anda bisa mendekorasi dinding ruangan Anda dengan beberapa hiasan gantung, atau Anda juga bisa memasang cermin yang cukup besar di dinding untuk menciptakan ilusi optik ruangan yang dua kali lebih luas dari yang sebenarnya. .

Itulah ketujuh tips cerdas untuk membuat rumah mungil Anda terasa lebih besar. Dengan mengaplikasikan hal-hal di atas, memiliki rumah berukuran kecil kini bukan lagi alasan untuk tidak hidup dengan nyaman.

0 comments:

Post a Comment