Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Wednesday, March 29, 2017

Jadikan Waktu Makan Anak Menjadi Hal Yang Menyenangkan

2:10 PM Posted by Ayead Gaptek , No comments
Saat Anda memiliki anak yang masih balita, maka Anda harus lebih intensif dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Balita yang belum bisa mengatakan apa saja keinginannya menjadikan Anda merasakan sensasinya bermain teka – teki. Yup, karena hal itu Anda harus menebak apa – apa saja yang sekiranya tengah diinginkan oleh anak. Apalagi saat anak sudah harus dikenalkan dengan menu makanan sehat anak 1 tahun.

Makanan Sehat Untuk Anak 1 Tahun Menyenangkan Parenting Club


Saat anak sudah harus dikenalkan dengan menu makanan sehat untuk anak 1 tahun , maka Anda harus siap untuk selalu memutar otak demi menemukan cara terbaik agar anak bisa makan dengan lahap. Masalahnya, anak pada usia ini sudah bisa merasakan rasa makanan, jadi jangan kaget jika tiba – tiba anak lebih sering menolak makanan yang Anda berikan.
 
Oleh karena itu menjadikan waktu makan anak menjadi momen yang menyenangkan adalah hal yang perlu Anda lakukan. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan agar waktu makan anak menjadi hal yang menyenangkan sehingga nafsu makannya selalu stabil? Mari temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.
 
Dudukkan Anak
Apabila sebelumnya Anda menggendong atau memangku anak, maka coba mendudukan anak di tempat duduknya. Pasangkan sabuk pengamannya ya, tapi jangan terlalu kencang. Dengan begitu Anda akan lebih mudah saat menyuapi anak karena anak tidak melakukan gerakan berlebihan.
 
Sediakan beberapa mainan kesukaan anak di depannya, sehingga anak bisa tetap bermain meskipun Anda sedang menyuapinya makanan.
 
Jangan Cegah Anak Untuk Mengeksplor Lingkungannya 
Anak – anak secara naluriah sangat menyukai kegiatan bermain. Jadi jangan heran jika melihat anak sering membuat apa – apa yang ada di depannya menjadi berantakan. Termasuk saat makan, bisa jadi anak juga akan mengacak – acak makananya. 

Memang akan terlihat berantakan, tapi anak menyukainya, sehingga dia bisa tetap menikmati waktu makannya. Jadi fokuslah untuk menyuapinya makanan sehat anak 1 tahun ya. Berilah kesempatan pada anak untuk mengeksplor lingkungannya. Dengan begitu anak akan belajar mengenal hal – hal yang nantinya akan sering ditemui saat sudah besar.
 
Kenalkan Perlengkapan Makan Pada Anak
Anak – anak dikenalkan dengan makanan selain ASI memang dimulai sejak anak berusia 6 bulan. Namun karena anak belum bisa memegang sendok sendiri, maka upaya untuk mengenalkan peralatan maupun perlengkapan makan harus dengan rajin dilakukan. 

Dengan demikian, memberikan sendok dan menyediakan piring yang berisi sedikit makanan bisa menjadi alat belajar bagi Anak. Saat Anda menyuapinya makanan sehat anak 1 tahun, maka pelan – pelan anak akan menirukannya. Selain itu anak juga akan merasa senang karena memiliki “mainan baru” yakni sendok dan piring.
 
Sajikan Makanan Sesuai Dengan Porsinya 
Tidak sedikit orang tua yang salah kaprah dalam memberikan porsi makanan pada anak. Mereka berpikir jika anak yang makannya banyak akan jauh lebih sehat dibandingkan yang porsi makanannya sedikit. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, tapi sebaiknya diperhatikan dulu bagaimana konteksnya.
 
Perlu diketahui jika ukuran lambung anak usia 1 tahun tidaklah sama dengan lambung orang dewasa. Maka porsi makanan yang dibutuhkan pun tentu berbeda. Karena itu berikan porsi yang umumnya diberikan untuk anak usia 1 tahun agar anak tidak kekenyangan. Kalaupun Anda ingin menyelingi dengan camilan, maka jangan berikan camilan menjelang jam makan beratnya, agar anak bisa tetap menikmati makanan sehat anak 1 tahunnya.
 
Demikianlah cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menjadikan waktu makan anak menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun begitu, Anda juga bisa menerapkan cara Anda sendiri karena biasanya setiap ibu memang memiliki formula yang berbeda dalam mengatasi masalah – masalah yang dialami anak.

0 comments:

Post a Comment