Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Friday, February 3, 2017

Macam-macam Jenis Sablon Dan Penjelasannya

1:50 PM Posted by Ayead Gaptek , No comments
Jenis Sablon Kaos

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu memakai pakaian untuk menutupi anggota tubuh kita dari berbagai hal yang tidak diinginkan, pakaian juga menjadi tolak ukur kepantasan dan etika dalam kehidupan. Selain itu, pakaian juga bisa menjadi nilai seni untuk tampil menarik dan gaya. Salah satu yang sering menjadi pakaian kita adalah baju kaos. Kaos identik dikenal dengan pakaian untuk santai dan digunakan pada situasi yang kurang formal. Nah, bagi anda yang biasa memakai baju kaos, anda pasti sering melihat berbagai macam motif sablon kaos yang terpampang dengan berbagai macam jenis gambar. Tahukah anda bahwa dalam penyablonan ada berbagai macam jenis tipe sablon yang sering digunakan. Tidak salah jika anda mencoba mengetahuinya, lagipula kita sering memakai kaos, setidaknya sedikit banyak kita tahu tentang pakaian sablon kaos yang kita gunakan selama ini.

Berikut ini akan kami informasikan mengenai berbagai macam jenis tipe sablon terutama yang sering dijumpai di Indonesia yaitu:

Sablon Rubber
Sablon kaos ini sering dikenal dengan sablon karet, sifatnya menutup serat kain dan timbul serta hasil sablon yang elastis. Sablon ini banyak digunakan khusus untuk sablon diatas kain gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase, underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna.

Sablon Pasta
Sablon kaos non rubber, sifatnya menutup serat kain dan timbul hasil sablon tidak elastis penampilannya hampir menyerupai sablon rubber.

Sablon Foam
Cat karet yang akan timbul seperti foam dan lebih timbul dari sablon rubber, sablon kaos ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase maupun plastisol. Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul.

Sablon Glitter
Cat sablon trasparan yang diaplikasikan dengan campuran bubuk metalik / mengkiat. Sablon model ini terlihat lebih exclusive dan mewah.

Sablon Plastisol
Cat yang berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil maksimal. Sablon kaos ini berbahan dasar PVC dan harganya cukup mahal serta membutuhkan peralatan khusus untuk pengeringannya. Sebab tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya seperti tinta waterbase pada umumnya. Untuk dapat kering dengan baik, tinta ini memerlukan suhu mencapai 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Setelah pengeringan dengan benar, tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik.

Sablon Foil
Sablon kaos ini menggunakan lapisan bahan kertas logam (seperti alumunium foil) yang ditempelkan diatas kain dengan lem khusus. Jenis sablon yang memberikan kesan mengkilat menjadikan T- Shirt terlihat eksklusif.

Sablon DTG
Cara penyablonan kaos teknik ini mengunakan mesin digital, hasilnya sangat detail dan jelas. Sablon digital rame digunakan untuk produksi masal kaos partai, karena hasil cetak untuk kaosnya sangat memuaskan.

0 comments:

Post a Comment