Sunday, January 22, 2017

Terlalu Serius Merencanakan Traveling Bisa Menyebabkan Stres

traveling

Merencanakan traveling memang penting, tapi jangan sampai memfrosir pikiran dengan rencana tersebut bahkan sampai membuat anda stres sebelum pergi berlibur, seperti yang lovehaji.com kutip dari CNN.
Bagi sebagian orang, merencanakan waktu berlibur adalah hal yang menyenangkan. Tapi ternyata, kegiatan tersebut justru menjadi hal yang dapat berujung pada kekecewaan, seperti yang dijelaskan dalam studi peneliti dari Ohio State University.

Dilansir dari Travel and Leisure pada Minggu (15/1), studi yang dimuat dalam Journal of Marketing Research itu menyatakan kalau kegiatan merencanakan liburan membuat waktu liburan menjadi menyebalkan dan malah seperti menyelesaikan utang.

“Kegiatan merencanakan sama halnya dengan bekerja. Kegiatan menyenangkan yang direncanakan akan mengurangi unsur kesenangannya,” kata Selin Malkoc, salah satu peneliti studi tersebut.

Dalam penelitiannya, Malkoc dan timnya memberi pertanyaan kepada sejumlah partisipan mengenai kegiatan menyenangkan yang selalu berujung menyebalkan.

Partisipan lalu menjawabnya dengan beberapa kegiatan, sebagian besar merupakan kegiatan di luar ruang yang biasa dilakukan sewaktu liburan, seperti mendaki gunung sampai pergi ke bar.

Saat ditanya lebih lanjut, ternyata seluruh kegiatan itu dilakukan dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu.

“Perencanaan yang terlalu detil membuat orang lupa untuk menikmati suasana, menjadikan waktu menyenangkan seperti pekerjaan. Bukan kegiatannya yang menyebalkan,” ujar Malkoc.

Studi ini bukan menyarankan agar orang sama sekali tidak memiliki rencana. Sebelum menjalani waktu liburan, tentu saja orang harus memiliki rencana untuk membeli tiket atau memesan hotel.

Yang harus dihindari hanyalah merencanakan kegiatan menyenangkannya menjadi terlalu detil.

Salah satu solusi yang dianjurkan Malkoc ialah menyederhanakan rencana dan mengurangi ekspektasinya.

Jadi, kalau memiliki waktu di akhir pekan mendatang, tidak ada salahnya mulai mengajak teman-teman melakukan perjalanan darat menuju suatu kota tanpa membuat daftar tempat mana saja yang harus didatangi.

No comments:

Post a Comment