Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Thursday, January 19, 2017

Menyantap Nikmatnya Iga Barbekyu Di Shangri-La Hotel

1:58 PM Posted by Ferisco Yudha 1 comment
iga barbekyu

Jika anda memang pecinta kuliner sejati, rasanya sangat cocok jika anda mencoba sajian Iga barbekyu yang unik berikut, seperti yang lovehaji.com kutip dari CNN.
Seekor bebek yang memanggul mangkuk mi besar di punggungnya menjadi petunjuk besar yang akan mengantar Anda ke petualangan kuliner 'pertama' yang tak akan terlupakan.

Pertama yang dalam bahasa China berarti Jia akan membawa Anda dalam atmosfer China kontemporer yang menyenangkan.

'Ruang makan' yang dibalut dalam nuansa temaram hangat akan menjadi tempat yang tepat untuk bersantap bersama keluarga. Elemen kobalt dengan berbagai warna bumi dengan fitur dinding bata serta hiasan kayu modern menciptakan desain ruangan yang modern.

"Jia menghadirkan pengalaman menyantap berbagai makanan China," kata Irmadini Soekamto, Assistant Communications Manager Shangri-La Hotel untuk Jia Restaurant kepada CNNIndonesia.com, Jumat (13/1).

Restoran teranyar di Hotel Shangri-La Jakarta ini baru dibuka pada Kamis (12/1) lalu. Restoran ini menggantikan restoran China terkenal di Shangri-La, Shang Palace.

"Konsep dan menunya semua berbeda dengan Shang Palace. Namun keduanya sama-sama restoran makanan China," ucapnya.

"Jia dibuat dengan konsep yang lebih modern."

Irma mengaku sebagian besar makanan di Jia berbeda dengan Shang Palace, namun ada beberapa jenis makanan yang masih disajikan di Jia.

Sajian kontemporer

Mengklaim diri sebagai restoran makanan China klasik kontemporer agaknya tak berlebihan, namun juga tak 100 persen tepat. Ada beberapa modifikasi dan penyesuaian teknik memasak di Indonesia, misalnya penggunaan bahan bakar dan bahan baku.

Restoran yang dipimpin oleh chef Christopher Chai ini mengunggulkan dim sum, peking style roasted duck, la mien, dan barbeque.

Daging iga tebal yang super lembut dengan saus buah pir
Makanan ringan yang renyah memang tak pernah mengecewakan untuk makanan pembuka. Crispy honey beef yang disajikan bersama saus madu akan membuka indera perasa Anda dalam sekejap.

Paduan kerenyahan daging sapi tipis dengan siraman saus madu dan taburan wijen menjadi harmoni manis yang bermain di mulut. Ada rasa manis, asin, dan renyah yang menyatu di dalamnya.

Sekilas tampilannya menyerupai dendeng sapi garing, namun tak ada rasa pedas yang terasa.

Di menu utama, pelanggan dimanjakan dengan menu utama yang istimewa, bebek peking. Tak dimungkiri, salah satu kunci utama untuk menilai kelezatan bebek peking terlihat dari kulit renyahnya.

Salah besar jika bebek peking tak punya kulit yang tipis dan renyah seperti keripik. Bagian kulit bebek peking memang bagian ternikmat dari sajian ini, namun tentunya daging bebek tak boleh ketinggalan enaknya.

Chef barbeque Jia, Then Boon Geng mengungkapkan, proses pembuatan bebek pekingnya memakan waktu satu hari. "Awalnya dibersihkan, kemudian dimarinate, rebus, coloring, drying, dan dipanggang," katanya.

tahu dan scalop jadi salah satu makanan favorit
Proses marinasi sendiri menggunakan campuran bumbu rempah asli China dan juga air garam. Prosesnya sendiri memang tak terlalu lama, hanya 10 menit.

Waktu singkat untuk marinasi ini membuat resapan bumbu hanya ada di permukaan kulit. Sedangkan dagingnya terasa hambar.

"Dalam resep otentiknya, dalam proses pengolahan Beijing style, bebek peking justru tidak dimarinasi, jadi dagingnya terasa hambar."

Untuk menambah rasa sekaligus pengalaman bersantap yang autentik, irisan daging bebek peking ini disajikan dengan pancake tipis, mock.

Lembaran mock yang berwarna putih dan bulat ditambah dengan beberapa iris daging bebek peking, dibalut dengan saus hoisin dan tambahan irisan ketimun serta leek digulung jadi satu.

Saus hoisin kental yang kuat dengan cita rasa manis nan gurih terasa pas dengan rasa daging bebek yang tawar namun renyah. Irisan mentimun dan leek ditambahkan untuk menghasilkan sensasi rasa renyah yang menyegarkan.

Namun chef Then mengungkapkan bahwa ada beberapa modifikasi dalam bebek peking ini. Dengan teknik pengolahan ala Beijing, bebek seharusnya dibakar dalam oven dengan kayu bakar dari pohon buah. Hanya saja, di Indonesia, bebek dipanggang dengan oven gas.

Selain itu chef Then mengaku bahwa bebek yang digunakannya adalah bebek lokal. "Adanya flu burung membuat bebek impor dilarang masuk," katanya.

Kombinasi buah dalam saus

Para pecinta daging tak bisa melewatkan nikmatnya menyantap US beef short ribs. Tampil dalam ukuran super besar, tulang iga sapi ini terlihat menjulang dalam ukuran raksasa.

Meski hadir dalam ukuran super besar, namun ribs Jia ini tak sulit untuk dimakan. 'Tumpukan' daging tebal yang menempel di tulang iga raksasa ini sudah diiris-iris.

"Biar makannya lebih mudah," kata Irma.

Kepulan asap pun mengantarkan aroma bakaran dan brown sauce yang manis. Irisan daging tebal dengan lumuran saus manis membuat rasa dagingnya semakin lengkap.

Sausnya sendiri tergolong kental, dan rasa manis yang dihasilkan di dalamnya ternyata dihasilkan dari campuran buah pir.

Namun, aneka makanan utama ini mungkin tak akan cukup mengeyangkan bagi orang Indonesia. Khususnya bagi penggemar nasi.

Salah satu varian nasi yang disajikan di restoran ini adalah Ipoh special two salted fish fried rice. Dalam bahasa Indonesia, hidangan ini disebut nasi goreng ikan asin.

Hanya saja, berbeda dari jenis nasi goreng biasanya, Ipoh special two salted fish fried rice ini diolah dengan tambahan dua jenis ikan asin.

"Chef Chai yang membuat sendiri resep ini. Resep nasi goreng klasik ini didapat dari resep warisan ibunya sendiri."

Angsa 'goreng' untuk si pecinta manis

Usai mencicipi beragam sajian gurih, makanan manis bisa menutup petualangan bersantap Anda.

Chilled durian pancakes atau deep fried swan with almond sauce bisa jadi pilihan penutup yang menyenangkan.

Deep fried swan with almond sauce merupakan puff pastry dengan isian krim almond yang bertabur wijen di luarnya. Leher 'jenjang' Angsa cantik ini dibuat dari adonan cookies renyah dengan lingkaran wijen hitam sebagai indera penglihatnya.

Sekilas angsa goreng ini terlihat seperti kue sus goreng dengan isian vla almond lembut di dalamnya.

1 comment: