Sharing Info Keluarga, Lifestye, Bisnis, Properti, Otomotif, Olahraga, Fashion, Tekno & Hiburan

Tuesday, November 8, 2016

Tips Menyambut Harbolnas 2016

1:42 PM Posted by Ayead Gaptek , No comments
Harbolnas 2016

Teman-teman yang suka belanja online pasti tahu, kalau setiap akhir tahun akan ada perayaan untuk pembeli setia online shop. Yup! tepatnya setiap tanggal 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional atau sering disingkat dengan Harbolnas.

Awalnya, saya juga belum tahu tentang Harbolnas ini. Saya pikir ini peringatan hari tentang apa? setelah searching baru tahu kalau ini semacam perayaan untuk memanjakan para pembeli online. Saya pikir cara ini cukup menarik karena berbagai diskon besar-besaran akan diberikan oleh para e-commerce yang turut serta dalam perayaan Harbolnas.

Nah, karena tidak ingin melewatkan kesempatan berharga ini, apalagi akhir-akhir ini saya memang senang berbelanja online, maka jauh-jauh hari sebelum Harbolnas tiba, saya sudah menyiapkan semuanya. Apa saja persiapan yang saya lakukan? 

1. Mencatat Tanggal
Hal pertama yang saya lakukan untuk menyambut Harbolnas 2016 kali ini adalah mencatat tanggal perayaannya supaya tidak terlewat atau jaga-jaga jika saja saya lupa. Mencoret tanggal dikalender atau memasang alarm di ponsel jadi pilihan cara pengingat yang efektif bagi saya. 
Jika teman-teman juga sudah tidak sabar ingin ikut serta dalam perayaan Harbolnas dan tidak ingin melewatkan harinya, ikuti cara saya sebagai reminder. So, catat tanggalnya sekarang!

2. Bikin List Belanjaan
Seperti kebanyakan para online shoper yang terkadang suka kalap dan lupa diri, maka untuk mencegah terjadinya hal ini, langkah persiapan saya selanjutnya adalah dengan membuat list belanjaan. Gunanya supaya saya memanfaatkan promo Harbolnas sebaik mungkin untuk membeli barang-barang yang memang diperlukan dan layak untuk dibeli. Jadi, uang tidak habis secara percuma hanya untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

3. Pilih Promo Yang Sesuai
Sudah dapat dipastikan bahwa Harbolnas 2016 kali ini akan banyak promo yang dihadirkan oleh para e-commerce untuk memuaskan pelanggan setia. Tips berbelanja online yang cerdas versi saya adalah dengan memilih promo yang tepat sesuai kebutuhan. Untuk menghemat pengeluaran, teman-teman bisa memilih memanfaatkan promo diskon besar atau jika ingin mendapatkan barang tanpa dikenakan biaya ongkos kirim, bisa memilih promo Free Ongkir.

4. Menyiapkan Budget
Ini merupakan hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan agar ketika hari Harbolnas tiba, kita bisa berbelanja sesuai keinginan maka siapkan budget dari sekarang. Prinsip saya, lebih baik menahan diri untuk sementara agar bisa menabung sebagai persiapan dana untuk berbelanja pada saat Harbolnas nanti daripada menghaburkan uang setiap waktu atau tidak terkontrol hanya demi memuaskan nafsu belanja. 

Bagi teman-teman yang sudah memiliki penghasilan sendiri, sebaiknya sisihkan sebagian uang gaji untuk persiapan budget. Sama seperti yang saya lakukan sekarang. Masih ada waktu setidaknya 1 bulan sebelum Harbolnas untuk menabung dan menyiapkan dana belanja.

5. Membeli Barang Sesuai Kebutuhan 
Meski senang berbelanja online, saya berusaha untuk memegang prinsip “Belilah sesuatu karena perlu, bukan karena ingin” agar terhindar dari membeli barang yang tidak diperlukan. Walaupun terkadang saya sering khilaf, tapi untuk mencegah lupa diri saat menghadapi berbagai promo menarik saat Harbolnas nanti, makanya saya membuat daftar belanja barang yang memang ingin dibeli. Dengan begitu, semoga tidak kalap berbelanja.

Setelah semua persiapan dilakukan demi menyambut Harbolnas 2016 nanti, saya jadi sedikit lebih tenang dan siap untuk ikut serta dalam perayaan Harbolnas. Apakah teman-teman ada persiapan khusus juga untuk ikut Harbolnas? Atau justru, salah satu cara yang saya lakukan juga sama dengan yang teman-teman lakukan? Well, apapun persiapannya semoga acara perayaan Harbolnas nanti benar-benar bisa jadi cara untuk memuaskan para pecinta online shop dan semakin banyak pula orang yang tertarik berbelanja online.

0 comments:

Post a Comment